Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome Akan Mudahkan Orangtua Awasi Anak

Kompas.com - 21/08/2013, 20:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TNW
Ilustrasi

KOMPAS.com — Untuk mempermudah para orangtua yang mengawasi anak-anaknya berselancar di internet, Google dikabarkan berencana menanamkan model akun baru bernama "supervised account" ke peramban Chrome buatannya.

Supervised account dimaksudkan bagi anak-anak yang gemar berselancar di internet. Agar mudah mengontrol konten apa saja yang dikonsumsi anak, orangtua dapat membatasi akses akun ini, misalnya dengan menentukan situs mana saja yang bisa diakses.

BrowserFame.com Ilustrasi jenis akun.

Untuk mempermudah para orangtua mengawasi anak, nantinya pengaturan-pengaturan supervised account bisa dilakukan lewat jarak jauh melalui laman khusus.

Kehadiran fitur ini dalam browser Chrome versi "Canary" (versi pengembangan) diungkapkan oleh blog Browser Fame yang dikutip oleh The Next Web.

Chrome sebenarnya sudah sejak lama mendukung fitur multi-akun yang memungkinkan beberapa pengguna memakai browser yang sama dan menggunakan setting mereka sendiri untuk tiap sesi.

BrowserFame.com
Ilustrasi akun pengguna.


Namun, supervised account melangkah lebih jauh dengan memberlakukan batasan-batasan pada akun khusus yang dipakai anak-anak.

Dengan demikian, diharapkan para orangtua bisa mengontrol apa yang dilihat oleh buah hatinya di komputer yang dipakai bersama, ataupun di perangkat jenis lain.

Ada kemungkinan bahwa Google akan turut menerapkan fitur serupa di Chromebook, laptop berbasis sistem operasi Chrome yang dijadikan andalan raksasa internet itu untuk masuk ke dalam industri pendidikan.

Cara kerja supervised account sendiri masih belum diungkap lebih rinci karena tim Chrome memang masih mengembangkan user interface, backend, serta aliran prosesnya secara keseluruhan. Namun, kedatangan fitur yang satu ini agaknya memang layak ditunggu oleh para orangtua pengguna Chrome.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TNW
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com