Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Bakal Dimanja Tarif Hemat Telkomsel

Kompas.com - 22/08/2013, 09:58 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel bekerjasama dengan seluruh operator seluler di Arab Saudi untuk menekan tarif komunikasi para pengguna yang sedang melaksanakan Ibadah Haji.

Pengguna yang berada di Jeddah ataupun Madinah, tidak perlu ganti kartu atau setting ponsel. Mereka bisa berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat di Indonesia, asalkan sudah mengaktifkan international roaming sebelum berangkat ke Arab Saudi. Caranya, dengan menghubungi call center 133 atau mengunjungi Grapari.

Tarif berlaku sama di semua operator seluler Arab Saudi. Panggilan telepon ke Indonesia ataupun ke nomor lokal Arab Saudi dikenakan Rp 4.000 per menit. Sedangkan tarif menerima telepon dari manapun Rp 2.000 per menit.

Untuk berkirim SMS ke negara manapun dikenakan biaya Rp 500 per SMS, serta gratis menerima SMS dari semua operator.

Anak perusahaan Telkom ini juga menyediakan paket internet hemat, mulai dari Rp 200.000 untuk 10 hari, sampai Rp 500.000 untuk 40 hari.

Vice President Marketing Communications, Irlamsyah Syam mengatakan, seseorang yang ingin melaksanakan Ibadah Haji biasanya melakukan persiapan tersendiri untuk komunikasi. "Persiapan komunikasi juga merupakan fokus yang perlu diperhatikan agar silaturahmi dengan keluarga dan kerabat di Tanah Air tetap berjalan," ujarnya.

Ia melanjutkan, tahun ini pihaknya juga menyediakan aplikasi gratis Telkomsel Ibadah untuk pelanggan Telkomsel yang memakai perangkat BlackBerry, Android dan iOS.

Aplikasi ini menyediakan informasi seputar panduan Haji, doa, jadwal shalat, terjemahan bahasa Indonesia, lokasi tempat ziarah, percakapan praktis dalam bahasa Arab, wisata belanja dan kuliner. Ada pula informasi tempat penting seperti hotel, rumah sakit, kantor perwakilan RI di Arab Saudi, dan informasi kurs.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com