Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Mau Bikin Tablet Makin Kebut

Kompas.com - 22/08/2013, 20:32 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Digitimes
KOMPAS.com - Intel makin gencar mendesain prosesor berarsitektur x86 di perangkat mobile, untuk mengejar ketertinggalannya dari produsen prosesor berarsitektur ARM yang selama ini populer dipakai oleh perangkat tablet dan ponsel pintar.

Perusahaan asal Santa Clara, California, itu bakal merilis prosesor tablet terbaru dalam konferensi pengembang aplikasi Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Fransisco, September mendatang.

Seorang sumber mengatakan kepada situs teknologi Digitimes asal Taiwan, bahwa prosesor tersebut adalah seri Bay Trail-T yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont. Semua prosesor itu mendukung perangkat tablet dengan sistem operasi Windows 8.1 dan Android 4.2.

Bay Trail-T merupakan prosesor quad-core yang hadir dalam empat model, yakni Z3770, Z3770D, Z3740 dan Z3740D. Tipe prosesor dengan kode "D" di belakang akan mendukung resolusi layar 1920 x 1200 pixel. Sedangkan yang tidak memiliki kode "D" mendukung resolusi layar hingga 2560 x 1600 pixel.

Digitimes mencatat, Bay Trail-T akan hadir dengan dua clock speed, yakni 1,8GHz dan 2,4GHz. Sementara unit processor grafisnya (GPU) menggunakan Intel Gen 7 yang memakai arsitektur GPU Ivy Bridge.

Meski memiliki kecepatan tinggi, namun prosesor Bay Trail-T dapat membuat perangkat tablet bertahan hingga 8 jam dalam pemakaian normal.

Di prosesor yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont, Intel tidak membuat komponen baseband sendiri pada prosesornya. Intel memilih untuk mengadopsi baseband Huawei ME906v untuk koneksi LTE, dan Huawei MU736 untuk koneksi 3G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digitimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com