Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Android Dibajak Produsen Ponsel China

Kompas.com - 29/08/2013, 11:04 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Satu lagi petinggi divisi Android yang hengkang dari divisi mobile milik Google tersebut. Setelah Bapak Android Andy Rubin, kini giliran Hugo Barra, Vice President of Product Management for Android, yang meletakkan jabatannya.

Namun, berbeda dari Rubin yang memutuskan tetap bertahan di Google, Barra dikabarkan akan meninggalkan perusahaan raksasa internet tersebut. Menurut rumor yang berkembang di dunia maya, seperti dikutip dari The Next Web, Kamis (29/8/2013), Barra akan berlabuh ke produsen ponsel pintar asal China yang sedang naik daun, Xiaomi.

Google sendiri sudah mengonfirmasikan kepergian Barra. Namun, mereka enggan berkomentar, ke mana Barra selanjutnya akan pergi. Pihak Google hanya memberi catatan kecil, "menggembirakan bahwa Barra akan tetap berada di ekosistem Android".

Xiaomi sendiri merupakan vendor ponsel pintar berbasis Android asal China yang sedang menarik perhatian dunia. Perangkat Xiaomi Mi 2S laku keras di China dan telah berhasil memecahkan rekor penjualan ponsel pintar tercepat di dunia. Hanya dalam hitungan 45 detik, Xiaomi mengklaim, ada 200.000 unit yang berhasil terjual pada saat itu.

Nilai perusahaan ini pun cukup besar, yaitu sebesar 10 miliar dollar AS. Masih tampak kecil memang, apabila dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang bisa mencapai ratusan miliar dollar AS. Namun, untuk ukuran perusahaan baru, nilai tersebut sangatlah berarti.

Perangkat-perangkat Xiaomi sendiri memang terdengar sangat laku di China. Hal tersebut disebabkan, harga perangkat yang terjangkau dan juga memiliki kinerja yang tidak kalah dari ponsel high-end sekalipun.

Sayangnya, produk buatan Xiaomi masih jarang terlihat di pasaran luar China. Menurut CEO Xiaomi Lei Jun beberapa saat lalu, mereka hanya memproduksi perangkat dengan jumlah terbatas, hanya sesuai dengan target penjualan mereka.

Barra sendiri tampaknya akan menjadi nilai tambah yang sangat berharga bagi Xiaomi. Dengan pengetahuan yang dimiliknya di dunia Android, Barra dinilai dapat membuat strategi yang tepat dan rencana jangka panjang untuk memperluas pasaran Android. Apabila Barra benar-benar menuju Xiaomi, tentu ini adalah awal yang bagus untuk mengekspansi ke pasaran internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com