Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Mobil Ikutan Bikin Jam Tangan Pintar

Kompas.com - 09/09/2013, 15:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tren wearable device alias gadget yang dikenakan di tubuh pengguna agaknya tak hanya diminati oleh perusahaan teknologi.  Nissan pun rupanya tertarik untuk membuat produk serupa Samsung Galaxy Gear dan Sony SmartWatch.

Pabrikan mobil besar tersebut Senin (9/9/2013) ini dilaporkan mengungkap keberadaan produk jam tangan pintar bernama "Nismo Concept Watch". Sesuai panggilannya, produk tersebut ditujukan bagi pengemudi mobil Nissan seri nismo.

Dikutip dari The Inquirer, Nismo Concept Watch mampu memonitor aspek-aspek yang terkait dengan kinerja kendaraan, seperti kecepatan rata-rata dan konsumsi bahan bakar, lalu meneruskannya ke pergelangan tangan pengemudi.

Jam tangan pintar ini pun disebutkan bisa turut merekam detak jantung pengguna dan menghubungkannya ke media-media sosial.

Pihak Nissan juga mengatakan bahwa fungsi-fungsi lain seperti monitoring suhu kulit dan tingkat konsentrasi akan turut disertakan di masa depan agar Nismo Concept Watch bisa mengingatkan pengguna apabila kondisi tubuhnya sedang tidak fit untuk mengemudi.

Adapun koneksi ke mobil dilakukan lewat perantara smartphone, melalui Bluetooth.

Nissan adalah produsen mobil pertama yang turut terjun ke kancah wearable device. "Gadget yang dikenakan di tubuh dengan cepat berkembang menjadi trend besar. Kami ingin memanfaatkan teknologi inovatif ini untuk meningkatkan jangkauan brand Nismo kami," ujar manajer komunikasi pemasaran Nissan Eropa Gareth Dunsmore.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com