Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS Vita Baru Hadir Lebih Ramping

Kompas.com - 10/09/2013, 06:59 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Playstation 4 bukan satu-satunya konsol yang akan dirilis Sony pada 2013 ini. Perusahaan elektronik raksasa asal Jepang ini akan segera meluncurkan konsol portable Vita generasi terbaru beberapa pada Oktober 2013 mendatang.

Hadir sebagai generasi terbaru, tidak ada perubahan desain yang terlalu mencolok dari PS Vita ini. Hanya terlihat ada perubahan tombol "Playstation" dan juga tombol "Select" dan "Start". Apabila ketiganya memiliki desain lonjong, kini tombol-tombol tersebut hadir dengan desain bulat.

Selain tombol, PS Vita baru ini hadir lebih ramping dari generasi sebelumnya. Menurut Sony, seperti dikutip dari Engadget, Senin (9/9/2013), produk baru ini 15 persen lebih ringan dan 20 persen lebih tipis dibandingkan model original.

Meskipun begitu, PS Vita generasi kedua ini akan memiliki daya tahan baterai 1 jam lebih lama.

Dari segi spesifikasi hardware, konsol portable generasi baru ini akan mengalami beberapa peningkatan. Misalnya, ia akan dipersenjatai dengan media penyimpanan internal berkapasitas 1 GB.

Terdapat juga perubahan dari segi port charger. Sebelumnya, PS Vita menggunakan port khusus. Di model terbaru, Sony lebih memilih menggunakan port charger micro USB, sama seperti ponsel pintar yang banyak beredar belakangan ini.

Perubahan terakhir terlihat dari segi layar. Sony mengganti layar berjenis OLED menjadi LCD.

Sony membanderol versi WiFi only dari PS Vita baru ini dengan harga sekitar 190 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta dan akan beredar mulai 10 Oktober di Jepang terlebih dahulu.

Akan ada beberapa versi warna yang disiapkan, yaitu merah muda, hitam, biru, abu-abu, hijau, dan kuning.

Sementara itu, harga kartu memori Sony mengalami penurunan. Kartu memori dengan kapasitas 4 hingga 32 GB mendapatkan pemotongan hingga sekitar 15 dan 68 dollar AS. Sony juga memperkenalkan kartu memori terbesar mereka, 64 GB, dengan harga 105 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com