Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S Hampir Pasti Dibekali Sensor Sidik Jari

Kompas.com - 10/09/2013, 10:35 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Apple diduga kuat akan merilis iPhone generasi terbarunya pada Selasa (10/9/2013) pagi waktu Amerika Serikat. Meskipun waktu perilisan tersebut sudah tinggal menghitung jam, rumor terkait ponsel pintar teranyar Apple ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Menurut Wall Street Journal (WSJ), Selasa, iPhone 5S—nama perangkat yang diduga akan dirilis Apple pada malam ini—akan dipersenjatai komponen pemindai sidik jari. Hal tersebut sejalan dengan rumor yang telah beredar sejak awal Januari 2013.

Media-media besar, seperti Reuters dan WSJ, berdasarkan wawancara terhadap beberapa sumber, memang sudah sering kali mengungkapkan kemungkinan bahwa Apple akan melengkapi produk barunya dengan fitur keamanan, seperti pemindai sidik jari ini.

Ada beberapa bukti yang membuat para pengamat menduga kuat Apple akan merilis iPhone dengan fitur keamanan tersebut. Salah satunya, developer bernama Hamaz Sood yang pernah menemukan sebuah folder dalam iOS 7 versi beta 4 yang berisikan beberapa baris kode pemrograman terkait dengan fitur pindai biometrik.

Apple memiliki teknologi pindai sidik jari hasil akuisisinya terhadap Authentec, sebuah perusahaan yang membuat sensor sidik jari untuk perangkat mobile.

Teknologi pindai sidik jari sendiri sebenarnya bukanlah hal baru di dunia ponsel pintar. Pada 2011 lalu, Motorola merilis ponsel Atrix yang sudah dipersenjatai dengan komponen tersebut.

Sayangnya, fitur itu tampaknya kurang mendapatkan respons yang positif dari konsumen.

Meski kurang sukses, WSJ mengatakan, langkah Apple ini akan meyakinkan pengembang lain untuk kembali memikirkan konsep semacam ini. Sebuah perangkat Android dengan teknologi pemindai sidik jari dikatakan akan dirilis pada tahun ini.

Pada 10 September 2013 sendiri, Apple diduga kuat akan merilis dua seri iPhone. Seri pertama merupakan generasi terbaru dari produk iPhone, yaitu 5S. Seri berikutnya merupakan iPhone versi harga terjangkau, yaitu 5C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com