Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S, Pertama dengan Prosesor "64-bit"

Kompas.com - 11/09/2013, 01:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Prosesor 64-bit bukan barang baru untuk dunia PC dan laptop, tapi smartphone selama ini baru memanfaatkan prosesor 32-bit. Hal itu berubah setelah Apple resmi meluncurkan iPhone 5S hari Selasa (10/9/2013) kemarin.

Dikutip dari The Verge, ponsel terbaru dari Apple tersebut dipersenjatai dengan prosesor Apple A7 yang menggunakan arsitektur 64-bit. Menurut wakil presiden senior pemasaran Apple Phil Schiller, Apple A7 merupakan chip 64-bit "yang pertama dan satu-satunya di dunia."

Lalu, apa kelebihannya dibandingkan prosesor 32-bit pada ponsel-ponsel (termasuk iPhone) terdahulu? Di samping jumlah transistor dan beberapa parameter spesifikasi lain yang lebih tinggi, Apple A7 mampu mengakses memori (RAM) dengan kapasitas lebih dari 4GB. Sebelumnya, prosesor-prosesor 32-bit terbatas pada angka itu.

Dengan demikian, prosesor ini seharusnya mampu menawarkan kinerja yang lebih baik untuk aplikasi-aplikasi yang rakus sumber daya.

Arsitektur 64-bit membutuhkan dukungan software, dan sistem operasi iOS7 yang terbaru pun mampu berjalan dalam mode 64-bit, begitu juga dengan aplikasi-aplikasinya. Tentu, di samping aplikasi 64-bit, iPhone 5S juga tetap kompatibel dengan aplikasi 32-bit.

Apple turut menyiapkan toolset pemrograman Xcode yang mendukung pengembangan aplikasi 64-bit untuk memudahkan para pengembang aplikasi membuat software untuk iPhone 5S.

Sebelumnya, pada akhir Agustus lalu, memang sempat beredar rumor bahwa iPhone 5S bakal mengusung prosesor 64-bit. Hal itu kini telah menjadi kenyataan.

Baca berita-berita lain seputar topik ini di:
Peluncuran iPhone 5S dan 5C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com