Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Irit, Chromebook Besut Intel Haswell

Kompas.com - 13/09/2013, 10:11 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel dan Google memperkenalkan komputer jinjing Chromebook terbaru yang memakai prosesor Intel Core-i generasi keempat, atau biasa disebut Haswell, di acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013).

Produk Chromebook terbaru itu diperkenalkan oleh Doug Fisher (Corporate Vice President and General Manager, Software and Services Group Intel) dan Sundar Pichai (Senior Vice President, Android, Chrome, dan Apps Google).

Selain HP dan Acer, kini komputer Chromebook yang berjalan dengan sistem operasi Chrome OS, juga akan diproduksi oleh Asus dan Toshiba.

Prosesor Haswell yang akan dipakai pada Chromebook diklaim dapat mengirit konsumsi daya serta meningkatkan kinerja. "Perangkat Chromebook yang memakai prosesor Intel, baterainya lebih awet 50 persen, dan kinerjanya meningkat 15 persen, dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya," ujar Doug Fisher.

Namun, baik Intel dan Google, tidak mengungkapkan harga dan ketersediaan produk Chromebook di pasar yang memakai prosesor Haswell.

Dukungan produsen komputer Asus dan Toshiba terhadap Chrome menjadi titik terang bagi Google untuk lebih mempopulerkan sistem operasi berbasis komputasi awan itu (cloud computing). Komputer Chromebook sejatinya memerlukan koneksi internet yang mumpuni untuk mengakses data-data.

Antara Intel dan Google, juga saling menyatakan dukungan untuk sistem operasi mobile Android. Di segmen pasar low-end, Intel berjanji menyediakan prosesor yang memungkinkan sebuah tablet Android dijual di bawah harga 100 dollar AS.

Sementara untuk segmen pasar high-end, Intel menyediakan processor Atom Z3000 kode nama Bay Trail yang mampu meningkatkan efisiensi daya dan menawarkan performa tinggi. Prosesor Bay Trail yang dibangun dengan proses fabrikasi 22 nano meter (nm) ini, mendukung video resolusi tingkat tinggi 4K.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com