Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC PHK Karyawan di AS

Kompas.com - 16/09/2013, 09:37 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber AllThingsD
KOMPAS.com - HTC tampaknya belum mampu keluar dari hantaman gelombang krisis ekonomi yang telah dialami dalam beberapa bulan belakangan ini. Perusahaan penghasil ponsel pintar asal Taiwan itu akhirnya terpaksa memberhentikan sekitar dua lusin karyawan yang ada di kantor cabang Amerika Serikat.

HTC tidak membeberkan jumlah pasti karyawan yang diberhentikan. Namun, menurut informasi seorang sumber kepada situs teknologi AllThingsD, Senin (16/9/2013), HTC telah memecat sekitar 30 karyawan.

Menurut HTC, kali ini tidak ada petinggi mereka yang dipersilahkan untuk meninggalkan perusahaan. Perpindahan jabatan pun tidak terjadi.

Dalam sebuah pernyataan, HTC mengungkapkan alasan pemutusan tenaga kerja ini. Keputusan berat ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan.

"Ini merupakan sebuah tindakan tegas oleh HTC untuk merampingkan dan mengoptimalkan dan meningkatkan efisiensi kami setelah beberapa tahun pertumbuhan yang agresif," kata pihak HTC.

Meskipun berat, pihak HTC mengungkapkan, mereka harus mengambil keputusan pemutusan tenaga kerja ini.

"Ini adalah keputusan berat yang memberikan dampak langsung pada orang-orang yang telah memberikan kontribusi kepada pertumbuhan HTC dalam beberapa tahun belakangan," lanjut HTC.

"Namun, untuk mencapai tujuan jangka panjang kami dari sisi bisnis dan mengembalikan nilai maksimal ke para pemegang saham kami, ini adalah langkah yang dibutuhkan untuk mendorong inovasi berikutnya", ujar HTC.

Setelah sempat mengecap kesuksesan selama beberapa tahun, HTC harus menerima pengalaman pahit. Penjualan ponsel pintar besutan mereka menurun tajam, berakibat pada merahnya laporan keuangan. HTC sudah bereaksi dengan merilis berbagai senjata rahasia, seperti HTC One dan One Mini. Sayangnya, penjualan kedua seri tersebut masih belum terlalu berdampak pada keuangan HTC.

Hal tersebut diperparah dengan keputusan beberapa karyawan di level manajemen dan eksekutif yang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Sebagai upaya untuk bangkit kembali, HTC telah merilis program marketing baru dengan menyewa aktor Hollywood terkenal, Robert Downey Jr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com