Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dell Berhenti Bikin Ponsel Android

Kompas.com - 16/09/2013, 13:59 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber CNBC
KOMPAS.com - Produsen komputer Dell memiliki banyak rencana jika nanti mereka resmi jadi perusahaan privat. Akan tetapi, Dell menyatakan tidak akan lagi memproduksi ponsel pintar.

"Kami tidak lagi bermain dalam bisnis ponsel," kata pendiri sekaligus CEO Dell, Michael Dell, dalam wawancara dengan CNBC, Jumat (13/9/2013).

Dell punya cara sendiri mendapatkan keuntungan dari pasar ponsel pintar yang sedang mengalami pertumbuhan besar. Yaitu, dengan menjadi penyedia komputer server dan infrastruktur penyimpanan data di awan (cloud computing).

"Setiap kali sebuah perusahaan mobile baru akan lahir, mereka membutuhkan server dan infrastruktur untuk penyimpanan," ujar Dell. "Perusahaan perlu untuk melindungi dan mengamankan data mereka pada perangkat mobile."

Kendati kapok membuat ponsel, tetapi Dell akan tetap bermain di bisnis komputer tablet.

Dell sempat memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan Windows Phone. Bahkan, Dell bisa disebut sebagai pelopor phablet, perangkat yang merupakan perpaduan ponsel dan tablet. Kala itu, tepatnya pada 2010, perusahaan merilis Dell Streak berukuran 5 inci.

Dari beberapa ponsel buatan Dell, tak ada satu pun yang bisa menggebrak pasar atau menarik perhatian konsumen. Nama besar Dell seakan tak terdengar dalam bisnis ponsel.

Dell mengatakan, perusahaan bakal fokus di bisnis lain, khususnya produk bisnis dan jasa, serta produk lainnya untuk pasar negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com