Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S Tekuk Android Quad-core

Kompas.com - 23/09/2013, 12:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber AnandTech

KOMPAS.com - iPhone 5S yang menjadi andalan baru Apple di pasaran smartphone ternyata dipersenjatai dengan prosesor dual-core A7 1,3 GHz.

Di tengah-tengah perangkat Android sekelasnya yang rata-rata mengusung prosesor quad-core (empat inti) berfrekuensi mencapai lebih daru 2 GHz, iPhone 5S terkesan agak "tertinggal".

Tapi benarkah demikian?

Punya jumlah core prosesor hanya setengah dari para kompetitor ternyata tak  serta merta membuat iPhone 5S  loyo di dunia nyata.

Bahkan yang terjadi sebaliknya, menurut hasil pengujian AnandTech, ponsel andalan baru Apple ini lebih kencang daripada kebanyakan persaingnya yang di atas kertas terlihat unggul.

iPhone 5S terlihat memimpin sejumlah benchmark CPU yang dijalankan situs itu. Posisinya berada di atas ponsel-ponsel Android quad-core macam Samsung Galaxy S4, LG G2, dan sebuah tablet purwarupa yang berbasis Snapdragon 800 (Qualcomm MSM8974 MDP/T) yang diikutkan dalam proses uji. (lihat tabel di bawah ini)

AnandTech Salah satu benchmark CPU yang dijalankan situs teknologi AnandTech pada iPhone 5S

Chip Apple A7 di ponsel ini sanggup bersaing dengan prosesor Intel Atom Z3770 "Bay Trail" yang juga datang dalam bentuk sebuah tablet purwarupa.

Dibandingkan Apple A6 pada iPhone 5, prosesor yang menjadi dapur pacu iPhone 5S tersebut mampu berjalan hingga 2,3 kali lebih kencang.

Kinerja pengolah grafis (GPU) PowerVR G6430 yang turut tertanam di iPhone 5S pun sama cemerlangnya dan membawa smartphone tersebut menjadi perangkat pertama yang mencetak skor di atas 30 FPS pada benchmark T-Rex HD GLBenchmark. Lagi-lagi, performa iPhone 5S 2x lebih tinggi dibanding iPhone 5. (lihat tabel di bawah ini)

AnandTech Salah satu benchmark GPU yang dijalankan situs teknologi AnandTech pada iPhone 5S

Selain keunggulan kinerja, iPhone 5 memiliki satu jurus lain yang belum dimiliki para pesaingnya saat ini, yaitu dukungan aplikasi 64-bit melalui penggunaan arsitektur ARMv8 (A64) pada prosesor A7.

iPhone 5S sendiri dibekali dengan RAM sebesar 1GB, yang berarti bahwa salah satu kelebihan prosesor 64-bit dalam mengakses memori lebih dari 4GB belum dapat dimanfaatkan.

Lalu, kenapa menyertakan arsitektur 64-bit ini sekarang? AnandTech berspekulasi, mungkin hal itu dilakukan untuk mendorong para pengembang mengembangkan aplikasi 64-bit mulai saat ini. Tahun 2015 atau 2016 nanti ketika iPhone akhirnya memiliki RAM sebesar 4GB, aplikasi 64-bit pun sudah akan banyak tersedia sehingga memperlancar transisi.

Baca juga:
Ini Dia 10 Aplikasi "Benchmark" Ponsel Android

Baca berita-berita lain seputar topik ini di:
Peluncuran iPhone 5S dan 5C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AnandTech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com