Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Mirip, Kudunyahoo.com Digugat Yahoo

Kompas.com - 26/09/2013, 12:48 WIB
KOMPAS.com — Sebuah situs yang menyediakan informasi kuliner hotel dan wisata di Indonesia, kudunyahoo.com, digugat oleh Yahoo Inc. Gugatan itu dilayangkan lantaran Yahoo Inc menilai ada kemiripan nama antara Yahoo dengan kudunyahoo.com.

Yahoo Inc di Indonesia melalui kuasa hukumnya Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari, Partner/Senior Associate, Intellectual Property Practice Group, telah mengirimkan surat peringatan kepada pemilik situs kudunyahoo.com, Hady Hidayat, untuk segera mengganti nama situs tersebut, paling lambat 30 September 2013. Selain mengganti nama situs, Yahoo Inc juga mendesak semua ungkapan atau kata dalam situs tersebut yang menuliskan kata “Kudunyahoo” diganti.

Hady Hidayat sendiri, seperti dikutip dari Kompasiana, mengaku sama sekali kurang memahami klaim Yahoo Inc tersebut. Menurut Hady, nama domain situs tersebut berasal dari bahasa sunda “kudu nyahoo”, yang mengandung makna “harus tahu” atau “penting untuk diketahui”.

Sementara berdasarkan surat dari Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari sebagai kuasa hukum Yahoo Inc yang beralamat di 701 First Avenue Sunnyvale California 94089 USA, apa pun yang menyerupai kemiripan dengan nama Yahoo baik sebagai merek dagang, nama, ataupun lainnya tidak boleh digunakan. Dalam kasus ini bagi pihak Yahoo adalah adanya penulisan Yahoo pada situs Kudunyahoo, yang dianggap mempunyai arti sama.

Hady Hidayat sendiri mengklaim bahwa pembuatan dan perangkaian nama kudunyahoo tidak bermaksud menyamai nama Yahoo. Hady mengaku hanya bermaksud memperkenalkan kata bahasa Sunda menjadi suatu yang bermakna di masyarakat dalam maupun luar negeri, dan juga sebagai makna yang memaknai seluruh isi konten yang ada di situs tersebut.

Sayangnya pihak Yahoo bergeming dengan alasan tersebut. Mereka tetap menuntut perubahan nama dan penggantian nama seluruhnya sesuai dengan deadline perubahan yang diberikan. (Tribun News)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com