Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 7 Bikin Sakit Kepala?

Kompas.com - 26/09/2013, 15:55 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com — Apple merombak sistem operasi mobile iOS secara besar-besaran. Tak hanya mengusung tampilan baru, iOS 7 juga dilengkapi berbagai macam fitur baru.

Salah satu fitur baru yang datang dari segi tampilan adalah efek parallax. Efek ini akan membuat ikon-ikon di iPad dan iPhone bergerak menyesuaikan gerakan dari iPhone atau iPad.

Fitur lainnya, Apple memberikan animasi zooming ketika pengguna sedang membuka folder atau membuka sebuah aplikasi.

Kedua fitur ini memang membuat iOS 7 tampak semakin keren. Namun, gerakan animasi ini ternyata berdampak buruk terhadap beberapa pengguna.

Melalui forum di situs resmi Apple, efek dari gerakan animasi tersebut membuat mereka pusing. Bahkan, seorang pengguna sampai harus pulang dari tempat kerjanya karena sudah tidak mampu menahan rasa sakit di kepalanya.

"Pusing ini persis ketika saya mabuk darat saat berusaha membaca di dalam mobil," kata salah seorang anggota forum, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (26/9/2013).

Efek parralax sendiri dapat dengan mudah dimatikan. Sayangnya, efek zoom ketika membuka folder tidak bisa dimatikan sama sekali.

Untuk mematikan efek parralax, buka menu Setting, General, Accessibility, dan ubah pengaturan Reduce Motion menjadi "On".

Saat ini, satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah menurunkan versi iOS kembali ke versi 6. Belum ada pernyataan resmi dari pihak Apple mengenai kasus ini.

Apakah Anda merasa pusing ketika melihat efek parralax atau zooming?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com