Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, "Modul Kamera Ponsel" Sony Masuk Indonesia

Kompas.com - 03/10/2013, 12:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Modul upgrade kamera smartphone Sony DSC-QX10

KOMPAS.com - Sony Smart Lens DSC-QX10 dan DSC-QX100 adalah modul "upgrade" kamera untuk smartphone yang bisa digunakan bersama perangkat iOS dan Android, baik buatan Sony sendiri maupun produsen lain.

Dua produk yang pertama kali diperkenalkan pada awal September lalu itu tak lama lagi akan memasuki pasaran Indonesia, tepatnya menjelang akhir tahun pada kuartal ke-4 2013.

"Sony QX rencananya akan dirilis pada bulan November mendatang. Nanti kami umumkan lagi informasi waktunya," ujar Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita dalam acara peluncuran Sony Xperia Z1 di Jakarta, Selasa (2/10/2013).

Ika menambahkan bahwa DSC-QX-10 akan dijual dengan harga kisaran Rp 3 juta. Adapun banderol DSC-QX100 disebutnya belum ditentukan. Tapi, seorang staff Sony di acara menyebutkan bahwa produk tersebut bisa dihargai hingga Rp 8 juta.

Baik DSC-QX10 maupun DSC-QX100 sama-sama memiliki slot kartu memori , baterai internal, lensa zoom dan sensor penangkap gambar. Kedua produk ini sebenarnya adalah kamera lengkap yang tak memiliki layar LCD. Di sinilah letak peranan smartphone yang dipasangkan dengan "lensa pintar" tersebut.

Begitu tersambung lewat koneksi WiFi, pengguna bisa menggunakan layar smartphone sebagai jendela bidik raksasa. Hasil tangkapan foto bisa disimpan di unit lensa dan smartphone sekaligus.

Perbedaan kedua produk terletak di beberapa aspek. Smartlens DSC-QX10 dibekali sensor 18 megapixel dan lensa zoom 10x. Sementara "kakaknya", DSC-QX100, memiliki sensor 20,2 megapixel yang sama dengan kamera Sony RX-100 Mk.II dan lensa zoom 3x dengan label Carl Zeiss.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com