Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5S Bermasalah seperti Windows PC

Kompas.com - 14/10/2013, 11:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Pengguna Windows pasti akrab dengan "Blue Screen of Death" (BSOD) alias layar biru berisi pesan eror yang muncul apabila sistem mengalami crash.

Kalau sudah "nongol", jalan satu-satunya untuk membuat komputer kembali bekerja adalah dengan melakukan restart.

Hal semacam itu ternyata bukan monopoli Windows semata, melainkan bisa juga terjadi pada Apple iPhone 5S.

Sebagaimana dilansir The Verge, sejumlah pengguna melaporkan kasus saat ponsel pintar populer itu berhenti berfungsi (hang) dengan layar biru dan melakukan restart dengan sendirinya.

Kejadian layar biru ini disinyalir berkaitan dengan bug pada suite aplikasi iWork yang dipaketkan bersama seluruh perangkat iOS terbaru.

Twitter
Pengguna mengeluhkan kejadian blue screen pada iPhone 5S lewat Twitter

Sebuah video memperlihatkan bahwa BSOD pada iPhone 5S muncul ketika pengguna melakukan multitasking, berpindah-pindah antar-aplikasi yang sedang berjalan.

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa iPhone 5S mereka sering kali melakukan reboot sendiri secara acak selagi dipakai.

Apple sendiri sebelumnya telah merilis update iOS 7.0.2 untuk mengatasi bug keamanan layar kunci pada sistem operasi tersebut. Tetapi, masalah reboot mendadak masih terus terjadi.

Pengguna yang mengalami masalah ini menyalurkan keluhan lewat sejumlah thread di forum Apple dan kiriman Twitter. Crash yang berhubungan dengan iWorks kabarnya bisa diredam dengan mematikan fitur sinkronisasi iCloud untuk aplikasi Pages, Keynote, dan Numbers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com