Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Pesan Sebelum Tidur Ganggu Kesehatan

Kompas.com - 17/10/2013, 17:03 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Kebiasaan mengirim pesan teks sebelum tidur ternyata punya dampak buruk bagi kesehatan. Hasil sebuah survei memperlihatkan bahwa melakukan kegiatan tersebut ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur.

Survei tersebut dilakukan oleh Psychology of Popular Media Culture terhadap 83 responden. Semua responden ini masih duduk di bangku kuliah.

Menurut hasil survei tersebut, ternyata kualitas tidur saat malam sangat tergantung kepada jumlah pesan teks yang dikirimkan pada hari tersebut. Semakin banyak pesan yang dikirimkan, maka akan semakin sulit seseorang untuk tidur dengan nyenyak. Hal tersebut terjadi kemungkinan karena jari-jari mengalami kelelahan.

Hasil survei lainnya menyebutkan, sebagian besar responden merasa sulit tidur, apabila berkirim pesan teks sebelum tidur. Menurut pihak penyurvei, seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (17/10/2013), sulit tidur ini dapat terjadi pada saat responden menunggu balasan dari pesan teks yang dikirimkan.

Nah, apabila ada getaran atau ringtone ponsel berbunyi ketika menerima pesan, tubuh yang sudah mau tertidur otomatis akan terkejut. Hal tersebutlah yang biasanya membuat pola tidur terganggu.

Pihak peneliti memberikan saran agar hal ini tidak terjadi terus-menerus. Sebelum tidur, sebaiknya ubah mode ponsel menjadi Silent. Matikan juga getaran. Kedua hal ini dijamin tidak akan membuat pengguna terkejut ketika ada pesan masuk.

Cara yang lebih manjur, sebaiknya matikan saja ponsel Anda agar tidak ada gangguan apapun selama tidur di saat malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com