Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Jalan-Jalan di Pusat Data Facebook

Kompas.com - 18/10/2013, 15:26 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Facebook akhirnya selesai membangun data center cold storage terbaru mereka yang terletak di Prineville, Oregon, AS. Jejaring sosial terbesar di dunia ini pun sudah mulai memindahkan data mereka, sebagian besar foto, ke fasilitas ini.

Yang dimaksud dengan istilah "cold storage" yang disebutkan sebelumnya adalah tempat penyimpanan data yang jarang diakses. Facebook sendiri membangun data center super besar ini untuk menyimpan data-data foto yang sangat jarang diakses penggunanya di server hemat daya.

Tidak seperti data center Facebook yang lain, data center yang ada di Prineville ini tidak selalu dalam kondisi menyala. Dikutip dari The Verge, Jumat (18/10/2013), data center yang ada di fasilitas cold storage akan berada dalam mode standby, membuatnya ideal untuk foto lama yang jarang diakses. Menurut Facebook, dari 82 persen lalu lintas data, hanya 8 persennya yang mengakses foto.

Facebook mengklaim, dengan metode cold storage ini, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini dapat banyak melakukan penghematan. Server yang ada di gedung ini memiliki ukuran 8 kali lebih besar dibandingkan server tradisional, tetapi 5 kali lebih hemat daya.

Daerah Prineville sendiri dinilai sebagai tempat yang paling ideal untuk sebuat pusat data. Prineville, yang terletak di pusat Oregon, merupakan wilayah yang memiliki temperatur yang tepat untuk sebuah data center. Wilayah itu hangat di siang hari dan dingin di malam hari.

Lahan dan energi di wilayah tersebut itu pun murah dan data center bisa memanfaatkan bendungan air di sungai Columbia untuk menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air.

Beberapa saat lalu, Facebook mengajak beberapa rekan media asing untuk mengunjungi pusat data tersebut. Berikut beberapa foto yang berhasil diambil jurnalis asal situs web ReadWrite, Taylor Hatmaker, saat mengunjungi pusat data ini.

ReadWrite
Data center Facebook
ReadWrite
Data center Facebook
ReadWrite
Data center Facebook
ReadWrite
Data center Facebook
ReadWrite
Sistem pendingin data center Facebook
ReadWrite
Penampakkan hard disk yang ada di data center Facebook
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com