Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Jamin Internet Kencang di Piala Dunia 2014

Kompas.com - 22/10/2013, 10:33 WIB
Aditya Panji

Penulis

BALI, KOMPAS.com — Brasil akan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2014. Selain menyiapkan sarana olahraga, pemerintah setempat juga sibuk membangun infrastruktur telekomunikasi untuk mengantisipasi kenaikan trafik seluler dan internet.

Antara bulan Juni dan Juli 2014 mendatang, Brasil akan kedatangan wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang menyukai olahraga sepak bola. Akan banyak wisatawan yang mengakses internet untuk mencari informasi seputar pertandingan, transportasi, hingga penginapan.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com Aditya Panji, Menteri Komunikasi Brasil Paulo Bernardo Silva, mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kapasitas jaringan seluler dan data untuk memenuhi kebutuhan trafik internet, SMS, dan telepon para warga dan wisatawan.

"Sekarang kami sudah mulai meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi. Kami jamin kecepatan internetnya bagus dan mengakomodasi kebutuhan jurnalis yang meliput," kata Paulo dalam jumpa pers di acara Internet Governance Forum 2013 di Nusa Dua, Bali, Senin (21/10/2013).

Empat operator seluler besar di Brasil, yaitu Vivo, Claro, Oi, dan TIM, telah meluncurkan penawaran komersial teknologi jaringan nirkabel generasi keempat Long Term Evolutions (4G LTE) pada pertengahan 2013 di sejumlah kota yang akan menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2014. Pemerintah memanfaatkan frekuensi radio 2.600MHz untuk menggelar 4G LTE.

Populasi penduduk Brasil saat ini lebih dari 200 juta jiwa. Paulo menegaskan, sekitar 105 jiwa di antara jumlah tersebut telah mengakses internet.

Untuk menambah jumlah pengguna internet, pemerintah setempat bakal menyediakan akses internet generasi ketiga (3G) di kawasan Amazon, termasuk desa-desa yang berada di kawasan tersebut, pada 2014 hingga 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com