Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Fitur Baru di Android Kitkat

Kompas.com - 03/11/2013, 22:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Bersama dengan smartphone Nexus 5, Google turut meluncurkan sistem operasi terbaru Android 4.4, yang juga dikenal dengan nama Kitkat.

Sebagai versi teranyar, sistem operasi "wafer berlapis cokelat" yang namanya diambil dari produk makanan Nestle ini dijejali dengan berbagai fitur baru. Apa saja? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum dari Pocket-Lint.

Immersive mode

Android 4.4 memiliki immersive mode yang akan menyembunyikan segala macam elemen tampilan di layar, kecuali konten yang sedang ingin dilihat oleh pengguna. Hal tersebut bisa membuat aktivitas membaca buku, bermain game, ataupun menonton film jadi lebih nyaman.

Akses kontak langsung dari aplikasi telepon

Menurut Google, pengguna Android Kitkat bisa menelusuri daftar kontak, mencari tempat tertentu di lokasi sekitar, dan mengakses akun-akun Google Apps langsung dari aplikasi telepon.

Android Kitkat pun secara otomatis menyusun daftar kontak berdasarkan orang-orang yang paling sering dihubungi oleh pengguna.

Launcher Nexus 5

Android Kitkat mengusung cara berinteraksi gaya baru seperti yang terdapat pada Nexus 5. Google Now kini bisa diakses hanya dalam sekali sapuan jari dari tampilan utama.

Perintah suara pun bisa langsung dipakai untuk menjalankan voice search, atau mengirim SMS tanpa harus menyentuh layar terlebih dahulu. Cukup dengan mengucapkan "Ok, Google" saat berada di Google Now ataupun Home Screen. Untuk Google Now, sejumlah cards tipe baru akan ditambahkan.

Desain baru

Dalam sistem operasi mobile terbarunya ini, Google menerapkan konsep desain yang lebih sederhana dan "bersih".

Contohnya seperti notification bar tembus pandang yang akan disembunyikan ketika pengguna menjalankan aplikasi full-screen. Meski begitu, secara keseluruhan, Kitkat masih mirip dengan pendahulunya, Jelly Bean.

Google
Sebagian elemen baru pada Android 4.4

Tampilan album art pada lockscreen

Ketika pengguna sedang memutar musik atau memproyeksikan film ke Chromecast, lock screen akan turut menampilkan album/movie art. Musik dan film pun bisa langsung dinavigasikan dari sini dengan menekan tombol play atau pause.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com