Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis U2 Giring Facebook ke Irlandia

Kompas.com - 06/11/2013, 15:17 WIB
Namira Daufina

Penulis

KOMPAS.com - Seorang tokoh bisa memiliki pengaruh yang cukup kuat. Contohnya Bono, vokalis U2, berhasil meyakinkan Facebook untuk menempatkan kantor pusat untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika-nya di Dublin, Irlandia.

Hal itu dibocorkan oleh Sonia Flynn, Director of User Operation for EMEA, Latin America and Asia-Pacific Facebook.

Pada event IDA Ireland yang bertepatan dengan Dublin Web Summit, seperti yang dikutip dari The Next Web, Flynn menceritakan kisah di balik terpilihnya Dublin sebagai lokasi kantor pusat Facebook yang baru.

Bahwa sebelum Dublin menjadi pilihan, Swiss adalah pilihan utama Facebook. Namun COO Facebook, Sheryl Sandberg, dibisiki seorang teman untuk tidak memilih Swiss.

Kebetulan, teman yang dimaksud adalah juga salah seorang investor Facebook pada 2010 hingga 2013. Ya, teman tersebut tak lain adalah Bono U2.

Campur tangan Bono dalam menentukan lokasi penempatan kantor pusat itu pun terlihat dengan terpilihnya Dublin.

Memang, di Irlandia sudah diketahui bahwa Bono U2 memiliki pengaruh yang cukup kuat. Tidak heran perusahaan sebesar Facebook pun tidak bisa menolak begitu saja "rayuan" Bono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com