Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Kenalkan Duet Prosesor Hemat Daya

Kompas.com - 14/11/2013, 07:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

SAN JOSE, KOMPAS.com — Ajang Developer Summit 2013 turut dimanfaatkan AMD untuk memperkenalkan dua prosesor System-on-Chip (SoC) hemat daya baru, yaitu "Beema" dan "Mullins". Mereka adalah penerus seri SoC sebelumnya, "Kabini" dan "Temash".

Kedua SoC mengusung jenis core CPU bernama "Puma" yang merupakan pengembangan dari core "Jaguar". AMD memangkas tingkat konsumsi daya dua prosesor tersebut hingga lebih rendah dibandingkan pendahulunya.

Kendati demikian, pemangkasan daya dijanjikan tidak mengurangi performa, bahkan sebaliknya. "Mullins memiliki kinerja per watt dua kali lebih tinggi dari generasi sebelumnya, demikian juga dengan Beema," ujar Gabe Gravning, Direktur Pemasaran Klien AMD, dalam acara yang dihadiri langsung wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, di San Jose, California.

AMD
AMD

Beema merupakan SoC dengan kisaran daya 10-25 watt yang ditujukan untuk komputer "hybrid" atau "2-in-1" serta notebook, sementara Mullins yang memiliki rating daya hanya 2 watt diperuntukkan bagi perangkat mobile seperti tablet.

Rendahnya konsumsi daya Mullins bakal memungkinkan AMD menanam lebih banyak core CPU dalam perangkat mobile. "Nantinya kami bisa memakai cip quad-core di tablet fanless," imbuh Gravning.

Selain itu, Mullins dan Beema akan turut dilengkapi prosesor pendamping berupa core ARM Cortex-A5 yang ditanam dalam kemasan SoC. Prosesor ini, tambah Gravning, khusus menangani hal-hal yang berkaitan dengan sekuriti. "Untuk memungkinkan skenario-skenario seperti mobile payment." Keduanya juga mendukung fitur InstantGo pada Windows 8.1

Mullins dan Beema diharapkan bisa memperkuat posisi AMD di tengah-tengah industri PC yang mengalami pergeseran ke arah perangkat mobile dan hybrid. Produk-produk yang memakai kedua SoC rencananya sudah akan mulai tersedia pada paruh pertama 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com