Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Aplikasi Windows 8 Diunduh 1,7 Juta Kali

Kompas.com - 14/11/2013, 10:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Microsoft membuka data jumlah pengunduh aplikasi di Windows Store kepada para pengembang aplikasi (developer). Menurut mereka, rata-rata tiap hari 1,7 juta aplikasi  diunduh oleh pengguna Windows 8 dan Windows 8.1, baik gratis maupun yang berbayar.

Angka tersebut meningkat 38,56 persen dibanding Juni lalu. Data yang dimuat di portal developer Microsoft tersebut juga memuat informasi jumlah pengunduh aplikasi gratis dan berbayar pada bulan Oktober 2013 dengan total download 51,2 juta.

Menurut Microsoft, kebanyakan aplikasi diunduh selama musim liburan. Dalam musim itulah developer banyak mendapatkan pemasukan.

Walau terdapat peningkatan, namun Microsoft masih tertinggal dari Apple yang mencapai total download 74 juta per harinya.

Namun sulit untuk membandingkan keduanya secara langsung, karena Windows Store menyasar pengguna tablet, laptop, dan desktop, baik bagi versi Windows 8 maupun 8.1. Pengguna Windows juga mendominasi Apple di pasar PC dengan persentase 9,25 persen dalam hal active install, dibanding OS X yang 7,23 persen.

Sementara di segmen mobile, data bulan Juni yang dirilis Microsoft menunjukkan 200 juta aplikasi diunduh dari Windows Phone tiap bulannya. Hal ini berarti aplikasi Windows Phone diunduh empat kali lebih banyak dibanding Windows 8 dan 8.1.

Menurut Alex Wilhem, seorang analis data Techcrunch, ini juga mengindikasikan bahwa Windows Store masih kesulitan merangkul konsumennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com