Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Hadir dengan Layar Bolak-balik

Kompas.com - 15/11/2013, 14:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Samsung tidak akan menjadi satu-satunya vendor di dunia yang menjual ponsel Android dengan dua layar. Perusahaan asal Rusia, Yota, dikabarkan tengah bersiap untuk merilis produk dengan spesifikasi tersebut.

Produk besutan Yota memiliki nama resmi YotaPhone. Produk yang satu ini mengusung desain candybar, tidak jauh berbeda dari ponsel lain yang beredar belakangan ini.

Perbedaannya terletak dari sisi jumlah layar. YotaPhone memiliki layar LCD dengan bentang 4,3 inci di bagian depan dan layar e-ink di bagian belakangnya.

Sekadar informasi, layar e-ink juga bisa ditemui di perangkat e-book reader buatan Amazon, Kindle generasi awal. Layar ini memang hanya menampilkan warna hitam dan putih, tetapi mampu menghadirkan pengalaman layaknya membaca buku fisik.

Ide dari penggunaan dua layar pada YotaPhone sendiri seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (15/11/2013), adalah untuk menghemat baterai. Oleh karena itu, digunakanlah layar e-ink. Layar ini dikenal hanya membutuhkan sedikit daya listrik sehingga dapat menghemat baterai perangkat.

Pengguna dapat menggunakan layar LCD yang ada di bagian depan seperti layaknya ponsel Android pada umumnya. Namun, penggunaan layar LCD ini mengonsumsi baterai yang cukup besar.

Nah, untuk menghemat baterai, matikan saja layar LCD dan gunakan layar e-ink, meski hanya untuk beberapa fungsi dasar, seperti menerima notifikasi, membaca berita, atau membuka peta.

Spesifikasi hardware YotaPhone sendiri cukup tinggi, yaitu prosesor Krait 1,7 GHz dual-core, RAM 2 GB, memori penyimpanan internal 32 GB, kamera 13 megapiksel, dan baterai 1.800 mAh.

Perangkat ini berjalan di sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean.

Saat ini, YotaPhone belum dirilis ke pasaran. Namun, Yota telah membuka layanan pemesanannya. Produk ini dikatakan sudah akan beredar di pasar mulai Desember 2013. Harganya sendiri masih belum diumumkan kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com