Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon "Iron Man" Musk Jadi Tokoh Tahun Ini

Kompas.com - 25/11/2013, 07:54 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Eksekutif di bidang teknologi, Elon Musk dinobatkan sebagai Businessperson of 2013 oleh Fortune Magazine. Pemilihan Musk ini didasari oleh revenue dan harga saham dari ketiga perusahaan miliknya: Tesla, SpaceX, dan SolarCity.

Penilaian juga berdasar pada imbas yang ditimbulkan oleh perusahaan milik Musk serta hasil pemikirannya, seperti Hyperloop, moda transportasi kecepatan tinggi yang baru-baru ini hangat diperbincangkan.

Dikutip dari Mashable, pada Kamis (21/11/2013), Fortune mengatakan bahwa Elon Musk telah mengubah dunia dengan SpaceX, merevolusi dunia otomotif dengan Tesla Motors, dan membuat standar baru di sektor energi dengan SolarCity.

Musk yang disebut-sebut sebagai "Tony Stark" di dunia nyata ini telah membuat banyak kreasi di bidang teknologi. Kreasinya tersebut telah membuatnya kaya raya.

Bloomberg Wealth mengungkap bahwa kekayaan Musk di tahun 2013 mencapai 7,7 miliar dollar AS. "Namun keberanian dan kegigihannyalah yang menjadikannya Fortune Businessperson of the year," ujar juru bicara Fortune.

Penghargaan ini menjadi berarti bagi Musk, karena datang di saat Tesla sedang dirundung masalah. Beberapa mobil listrik buatan Tesla dilaporkan ada yang terbakar. Saham Tesla juga jatuh menjadi 120 dollar AS per lembar setelah sebelumnya sempat mencapai 200 dollar AS.

Selain Musk, eksekutif lain di bidang teknologi juga berada di jajaran atas daftar Fortune. Beberapa di antaranya adalah CEO Netflix, Amazon dan Google yang berada di daftar 10 teratas. Sementara CEO Burberry yang akan menjadi eksekutif retail Apple, Angela Ahrendts, masuk ke peringkat empat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com