Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Channels Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Kompas.com - 27/11/2013, 14:49 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Diumumkan pada ajang BlackBerry Live pada Mei 2013 lalu, BlackBerry akhirnya resmi melepas fitur BBM terbarunya, BBM Channels, Rabu (27/11/2013).

Untuk menggunakan fitur BBM Channels, pengguna BlackBerry tidak harus mengunduh aplikasi khusus. Karena ia terintegrasi langsung ke BBM, pengguna hanya perlu mengunduh update terbaru dari aplikasi tersebut melalui BlackBerry World.

Update BBM ini tampaknya sudah tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. KompasTekno telah mendapatkan update aplikasi BBM dan sudah menemukan fitur BBM Channels di dalamnya.

Satu hal yang harus diperhatikan, BBM Channels baru tersedia untuk perangkat BlackBerry saja. Itu pun hanya bagi BlackBerry OS versi 5 ke atas (5, 7, dan 10).

Sementara, untuk platform iOS dan Android, seperti dikutip dari The Next Web, baru akan hadir dalam beberapa bulan mendatang.

BBM Channels sendiri adalah sebuah cara bagi perusahaan asal Kanada ini untuk membuat aplikasi BBM lebih sosial. Fitur tersebut memungkinkan terbentuknya komunitas berbasis BBM. BBM Channels akan banyak dimanfaatkan oleh brand atau selebriti untuk mendekatkan diri dengan para fans.

Saat KompasTekno mencoba fitur ini, sudah ada beberapa brand yang sudah membuka channel. Salah satunya adalah tim balap mobil F1, Mercedes AMG Petronas. Beberapa media asing juga tampak sudah membuka channel-nya.

Fungsi BBM Channels mirip dengan Twitter. Semua pengguna yang follow sebuah channel dapat menerima update status atau informasi dari si pembuat channel.

Para follower channel pun diberi kesempatan untuk memberikan komentar, like status tersebut, dan juga membagikan post. Pengguna juga bisa melakukan chatting secara private dengan si pembuat channel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com