Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Lagi, Telkomsel Ingin Punya 130 Juta Pengguna

Kompas.com - 03/12/2013, 15:49 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Operator seluler Telkomsel saat ini memiliki 128 juta pengguna. Hingga akhir 2013, yang tak sampai 30 hari lagi, Telkomsel menargetkan dapat meraih 130 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, pelanggan terbesar masih disumbang dari layanan prabayar. Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, pelanggan Simpati saat ini  55 juta sampai 60 juta, sementara pelanggan kartu AS  sebanyak 60 juta sampai 70 juta.

Salah satu layanan yang akan ditingkatkan adalah data (internet). Pelanggan data Telkomsel saat ini ada 60 juta, naik 40 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan signifikan pengguna data terjadi di kota yang memiliki banyak industri kreatif, seperti Bali, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Makasar.

Mas’ud menjelaskan, Telkomsel tidak akan bermain lagi dalam perang tarif murah. ”Kalau perang tarif terus, nanti tidak bisa tumbuh dan layanannya menjadi jelek,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Untuk meningkatkan kualitas layanan, Telkomsel akan terus membangun base transceiver station (BTS). Tahun ini, Telkomsel membangun 15.000 BTS, yang membuat total BTS Telkomsel menjadi 67.000. Sejumlah 75 persen sampai 80 persen BTS tersebut sudah mendukung jaringan pita lebar (broadband).

”Tahun 2014 kami akan bangun 15.000 BTS lagi, terutama di Indonesia bagian timur,” katanya.

Menyikapi tahun 2014, Telkomsel menargetkan dapat menambah jumlah pelanggan menjadi 135 juta, dan layanan data tumbuh sebesar 30 persen sampai 40 persen menjadi 80 juta hingga 100 juta pelanggan data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com