Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Izinkan Isi Gmail Diunduh

Kompas.com - 06/12/2013, 14:56 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Google mempersilakan para pengguna mengelola kembali data lama yang tersimpan di layanannya. Sebelumnya, pengguna layanan Google, seperti Gmail dan Google Calendar hanya dapat melihat datanya di layanan tersebut dan harus selalu online.

Dalam waktu dekat, Google mempersilakan pengguna menyalin data di layanan surat elektronik Gmail ataupun jadwal penting di Google Calendar.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Kamis (5/12/2013), Google menyatakan bahwa data di Gmail dan Google Calendar dapat disalin oleh pengguna dan diekspor ke e-mail client lain dan platform penyimpanan data lainnya.

“Menyediakan akses ke data Anda dan mempersilakan Anda mengambilnya adalah penting, terutama jika data itu berisi kenangan berharga seperti surat cinta, atau tawaran pekerjaan pertama,” tulis Nick Piepmeier, salah seorang pemrogram aplikasi di Google.

Pilihan untuk menyalin data di Gmail akan tersedia mulai Januari 2014, setelah itu menyusul layanan untuk menyalin data di Google Calendar.

Google akan menjelaskan secara rinci cara menyalin atau mengekspor data-data tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com