Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Apple dan Helm "Star Wars" Rp 2,9 Miliar

Kompas.com - 08/12/2013, 19:43 WIB
Namira Daufina

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - John Ive, perancang produk-produk Apple, mengakui memiliki keterkaitan emosional dengan Star Wars. Hal ini terungkap pada acara lelang yang dilakukan oleh proyek Bono U2, RED.

Acara lelang itu dilakukan pada 23 November 2013 lalu di New York, AS ini bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk pembentarasan AIDS, malaria, dan TBC di Afrika yang diprakarsai oleh penyanyi kondang Bono dari grup U2.

Dalam kesempatan itu, John Ive dan Marc Newson, rekan kerjanya sesama desainer produk Apple, menjadi kurator yang berkolaborasi dengan vokalis U2 tersebut.

Sebagian besar barang-barang yang dilelang adalah barang yang diciptakan dan dirancang oleh kedua desainer Apple ini. Terdiri dari beragam produk teknologi dan inovasi.

Yang menarik, dari sekian banyak produk inovasi teknologi yang dilelang, terdapat sebuah helm Stromtrooper Star Wars yang melegenda. Namun, helm itu tentu saja bukan hasil kreasi dan ciptaan keduanya.

Pada helm yang dilelang terdapat tanda tangan George Lucas, yang tak lain adalah produser film Star Wars, pada bagian atas kepala helmet.

Helm itu sendiri tadinya ditaksir dengan harga 10.000 - 15.000 dollar AS. Namun, tanpa disangka-sangka saat akhirnya terjual sebesar 245.000 dollar AS (Rp 2,9 miliar).

Apple dan Star Wars

Ternyata setelah ditilik lebih jauh, John Ive merupakan penggemar film Star Wars sejak kecil.

Seperti yang dikutip dari Mashable, John Ive mengakui bahwa Star Wars adalah film yang mereka tonton saat beranjak dewasa dan merupakan sebuah film yang informatif tentang pandangan akan masa depan.

Selain memori masa kecil milik John Ive dan Marc Newson, Star Wars dianggap mempengaruhi bagaimana mereka menciptakan sebuah desain untuk produk-produk Apple yang mereka kembangkan.

Diakui oleh Ive, Star Wars yang menghadirkan tokoh-tokoh dengan warna putih terang dan bersinar merupakan sebuah karya fantastis. "Pemikiran yang tidak biasa, melampaui waktu," tutur Ive.

Begitu juga dengan apa yang mereka kerjakan sebagai desainer. Mereka harus mampu menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada.

Bisa jadi, Star Wars memberikan inspirasi dalam hasil karya Ive pada produk-produk Apple kreasinya. Sehingga muncul spekulasi bagaimana plastik baja putih murni milik tentara di Star Wars turut andil dalam bentuk asli iPod, iMac putih dan banyak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com