Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S4 Terbakar, Richard Diminta Tutup Mulut

Kompas.com - 11/12/2013, 10:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Kerusakan pada port micro-USB Galaxy S4 mirik Richard Wygand

KOMPAS.com — Awal Desember lalu, smartphone Galaxy S4 milik Richard Wygand tiba-tiba terbakar di bagian port micro USB saat sedang diisi baterainya pada malam hari. Beruntung, si pemilik yang sedang tidur terbangun tepat waktu karena mencium asap dan sempat mencabut ponsel yang bersangkutan sebelum api membesar.

Wygand kemudian menggunggah video di YouTube, menggunakan akun Ghostlyrich, yang berisi penjelasan tentang kejadian tersebut. Nah, sebagaimana dilaporkan oleh IBTimes, video tersebut rupanya mengundang perhatian dan membuat gerah pihak Samsung.

Raksasa elektronik itu kemudian mengirim Wygand surat penawaran ganti rugi dengan satu syarat: dia dilarang menyebarluaskan kabar soal Galaxy S4 miliknya yang terbakar. Video YouTube yang telah diunggah pun diminta untuk ditarik kembali.

Alih-alih menuruti tawaran Samsung, Wygand memilih untuk memublikasikan isi surat yang bersangkutan melalui situs Pastebin dan video YouTube tambahan.

"Sebagai syarat mengganti ponsel dengan model yang sama, saya (Wygand) setuju menghapus YouTube di tautan https://www.youtube.com/watch?v=dc4duKuPrQ0 atau tautan-tautan lain atau pernyatan terkait permasalahan ini dan mulai sekarang tidak akan memublikasikan video atau pernyataan lain terkait permasalahan ini," bunyi penggalan surat dari Samsung itu.

Ibarat mengipas api dalam sekam, surat tersebut malah berujung blunder bagi Samsung. Penawaran yang diajukan justru membuat perkara bertambah runyam. Sebelum pengiriman surat, video Wygand hanya dilihat sebanyak 45.000 kali. Setelah itu, hingga saat berita ini ditulis, angka tersebut telah membengkak menjadi 348.000.

Adapun video Wygand membeberkan surat Samsung sudah menuai 678.000 view.

Richard sendiri bukannya tak pernah meminta ganti perangkat atas yang masih berada dalam garansi itu. Dalam keterangan di video pertama, dia mengatakan malah di "pingpong" oleh pihak Samsung. Alhasil, dibuatlah video itu sebagai peringatan untuk pemilik Galaxy S4 lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com