Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Xbox One di eBay Malah Dapat Kertas

Kompas.com - 11/12/2013, 10:56 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Sebelum membeli barang dari situs lelang eBay, sebaiknya baca terlebih dahulu secara mendetail penjelasan yang biasanya disertakan di halaman penjualan produk. Jika tidak, bisa saja Anda mengalami peristiwa kurang mengenakkan yang menimpa pria asal Inggris ini.

Cerita bermula ketika Peter Clatworthy, pria asal Bilbrough, Inggris, memutuskan untuk memberi hadiah Natal berupa konsol Xbox One Day edisi terbatas (One Edition) untuk anaknya yang baru berumur 4 tahun.

Ayah muda ini memutuskan untuk mencari konsol tersebut melalui eBay. Setelah membandingkan, akhirnya ia jatuh hati kepada satu penjual karena memberikan label harga yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 750 dollar AS.

Sekadar informasi, Xbox One Day One Edition merupakan batch paling awal dari keseluruhan konsol yang telah dijual. Oleh karena sudah cukup langka, banyak yang menjual perangkat ini dengan harga tinggi di eBay. Harga normal dari konsol tersebut adalah 499 dollar AS.

Tentunya, Clatworthy berharap untuk mendapatkan konsol yang sesungguhnya saat membeli kepada penjual tersebut. Sayangnya, harapannya tersebut meleset jauh.

Clatworthy tidak mendapatkan konsol yang diinginkannya, tetapi hanya secarik kertas dengan gambar kotak penjualan Xbox One Day One.

Lebih parahnya lagi, gambar tersebut dicetak dengan printer ink jet yang sudah cukup tua. Seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (10/12/2013), gambar yang dihasilkan terlihat sangat buruk dengan dominasi warna magenta.

"Terima kasih telah membeli," tulis pihak penjual, di bagian belakang kertas tersebut.

Nottingham Post
Bukan konsol, yang didapat malah kertas
Menurut Clatworthy, sebenarnya ia sudah menyadari, si penjual di eBay sudah memberikan deskripsi barang yang dijualnya adalah foto dari Xbox One Day One. Namun, Clatworthy memutuskan untuk membelinya karena produk tersebut dijual dalam kategori "Video Games & Consoles" di eBay.

"Tercantum kata 'foto' dan pikiran saya langsung bercabang, tetapi saya melihat dalam deskripsinya dan fakta bahwa produk ini ada di kategori yang tepat membuat saya berpikir, ini adalah asli," kata Clatworthy.

"Saya melihat dari komentar terhadap si penjual dan tidak ada yang negatif. Saya membelinya dari penjual tersebut karena berpikir bahwa ini adalah kesepakatan yang baik," tuturnya.

Pihak eBay sendiri sudah menyadari adanya kasus ini dan berjanji untuk segera menindak pihak penjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com