Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Petinggi BlackBerry Pergi

Kompas.com - 17/12/2013, 08:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Perubahan kepemimpinan terus terjadi dalam tubuh BlackBerry. Setelah mengganti CEO, kini giliran jajaran eksekutif perusahaan Kanada tersebut yang dikabarkan berubah.

Harian The Wall Street Journal (TWSJ) pada Sabtu (15/12/2013) memberitakan bahwa dua eksekutif BlackBerry akan segera menanggalkan jabatan mereka. Mereka adalah Rick Costanzo selaku Executive Vice President yang bertanggung jawab atas penjualan global, dan Chris Wormald, yang memiliki peran sebagai penentu strategi, akuisisi, dan merger BlackBerry.

Menurut sumber TWSJ, Costanzo akan meninggalkan BlackBerry pada awal 2014, sementara Wormald pada akhir Desember 2013.

Kedua eksekutif tersebut belum bisa dimintai keterangannya. BlackBerry pun tidak mau menanggapi kabar yang beredar ini.

Kepergian dua eksekutif ini menambah daftar para pucuk pimpinan yang hengkang dari BlackBerry. Sebelumnya, Chief Marketing Officer, Chief Operation Officer, dan Chief Financial Officer BlackBerry telah meninggalkan Waterloo, Ontario, markas BlackBerry.

Perombakan struktur juga diisyaratkan oleh CEO John Chen saat mengambil alih perusahaan, Chen pernah mengatakan bahwa akan terjadi perubahan besar. "Keadaan akan menjadi lebih buruk sebelum akhirnya akan membaik," terang Chen. "Tidak semua dari kalian akan tetap di sini (BlackBerry)," imbuhnya.

Selain pucuk pimpinan, perombakan juga terjadi di lapisan bawah, yaitu para karyawan. Pada September lalu BlackBerry mengatakan akan memberhentikan sekitar 4.500 karyawan. Angka tersebut mencakup sekitar 40 persen dari tenaga kerja BlackBerry.

Tugas CEO baru BlackBerry memang berat. Chen diharapkan bisa menghindarkan BlackBerry dari kebangkrutan dan memikirkan cara bertahan karena perusahaan sudah tidak bisa menjual smartphone dalam jumlah yang banyak lagi.

Satu-satunya pernyataan yang dikeluarkan Chen adalah surat terbuka yang ditujukan bagi para klien-kliennya. Dalam surat tersebut, Chen menegaskan bahwa BlackBerry masih ada dengan layanan-layanannya.

Pada Jumat ini, BlackBerry dijadwalkan merilis laporan keuangan di kuartal ketiga. Para analis meramalkan hampir semua ukuran finansial BlackBerry tak sesuai harapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com