Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis "Game Pad" untuk Android

Kompas.com - 17/12/2013, 12:42 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Samsung mulai bergabung ke industri gaming mobile dengan merilis alat pengontrol game atau game pad. Aksesori tersebut hadir di pasaran dengan nama Smartphone GamePad.

Apa fungsi dari alat tersebut? Biasanya, pengguna memakai layar sentuh yang ada di ponsel pintar untuk mengontrol game. Terkadang, bermain game dengan cara itu tidaklah nyaman.

Nah, dengan menggunakan Smartphone GamePad, yang memiliki bentuk mirip controller konsol, para pengguna diklaim akan lebih mudah atau nyaman memainkan game yang ada di ponsel pintar.

Samsung
Samsung GamePad
Dikutip dari PhoneArena, Selasa (17/12/2013), aksesori ini memiliki rangka baja, tetapi terlihat lebih mirip seperti plastik. Ia memiliki tombol pengatur arah berbentuk lingkaran, tombol analog ganda, dan empat tombol aksi. Di bagian tengah terdapat tombol Play.

Di bagian bawah, terdapat tombol Select, Start, dan tombol Power. Terdapat juga sebuah slot micro USB, tampaknya untuk mengisi daya produk tersebut.

GamePad ini dikatakan memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil dibandingkan controller PlayStation 3. Namun, bobotnya tidak berbeda, yaitu 195 gram.

GamePad tersebut juga dilengkapi dengan semacam "rumah" untuk ponsel pintar. Pengguna dapat mencantelkan ponsel dengan ukuran layar 4 hingga 6,3 inci di bagian tersebut.

Smartphone GamePad dapat digunakan di semua perangkat berbasis Android versi 4.1 Jelly Bean atau lebih baru. Pengguna hanya perlu menggunakan koneksi Bluetooth 3.0 untuk menghubungkan ponsel pintar ke perangkat tersebut.

Tentunya, Samsung mendesain Gamepad untuk dapat berjalan optimal di ponsel Galaxy yang berjalan di Android 4.3 ke atas. Pengguna bisa langsung menghubungkan GamePad ke produk Galaxy yang memenuhi syarat dengan menggunakan NFC.

Dengan menggunakan tombol Play, para pengguna bisa langsung menjalankan aplikasi Samsung Mobile Console. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa membeli beberapa judul game yang sudah mendukung GamePad. Beberapa judul game yang sudah tersedia adalah Need for Speed: Most Wanted, Asphalt8: Airborne, dan Prince of Persia.

GamePad sudah tersedia di pasaran Eropa. Samsung mengungkapkan, akan segera merilis aksesori ini di beberapa negara tambahan dalam minggu-minggu mendatang. Belum ada informasi perihal harga dari produk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com