Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Panggil Bos Apple, Facebook, dan Google

Kompas.com - 18/12/2013, 09:32 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber USA Today
KOMPAS.com — Sebanyak 15 petinggi perusahaan teknologi informasi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pekan ini. Mereka akan membicarakan situs web jaminan kesehatan masyarakat hingga kebijakan intelijen.

Dalam sebuah dokumen, 15 petinggi perusahaan teknologi yang akan datang itu termasuk CEO Apple Tim Cook, CEO Twitter Dick Costolo, CEO Dropbox Drew Houston, CEO Yahoo Marissa Mayer, Chairman Google Eric Schmidt, CEO AT&T Randall Stephenson, COO Facebook Sheryl Sandberg, hingga Chairman Zynga Mark Pincus.

Pertemuan akan membicarakan soal kemajuan dan perbaikan situs web layanan kesehatan HealthCare.gov, yang sempat bermasalah Desember lalu karena tak mampu menampung pendaftaran online dari warga AS yang mau membeli asuransi kesehatan.

Selain itu, Obama juga membicarakan soal efek industri telekomunikasi dan teknologi dalam perekonomian negara AS.

Pertemuan itu diprediksi juga akan membicarakan kebijakan pemerintah dalam mengawasi aktivitas penggunaan perangkat teknologi. Dugaan penyadapan yang dilakukan National Security Agency (NSA) AS terhadap publik dan perusahaan teknologi telah menjadi sorotan publik beberapa waktu terakhir.

Sebanyak delapan perusahaan teknologi membentuk kelompok kampanye yang menentang program pengawasan dan menuntut reformasi dalam tubuh NSA. Delapan perusahaan itu adalah AOL, Apple, Facebook, Google, LinkedIn, Microsoft, Twitter, dan Yahoo.

Ada lima hal penting yang disoroti kelompok ini, yaitu; membatasi otoritas pemerintah dalam mengumpulkan informasi pengguna; pengawasan dan akuntabilitas; transparansi permintaan pemerintah; menghormati kebebasan arus informasi; menghindari konflik di antara pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com