Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet 8 Inci Nokia Mendadak Batal?

Kompas.com - 21/12/2013, 07:42 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Nokia sempat dikabarkan sedang mengembangkan tablet Windows RT dengan ukuran 8,3 inci. Tablet tersebut semula dipersiapkan untuk meluncur pada awal 2014. Namun belakangan beredar kabar bahwa Nokia menghentikan proyek tablet tersebut.

Kabar yang diberitakan oleh My Nokia Blog (16/12/2013) tersebut mengonfirmasi dari sumber terpercaya Nokia, namun belum jelas alasan di balik penghentian tersebut.

Tablet yang memiliki nama sandi "Illusionist" tersebut tadinya digadang-gadang sebagai versi 8 inci-nya Lumia 2520, dengan menyandang prosesor yang sama, quad core Snapdragon 800, serta memiliki modul kamera 6 megapixel dan resolusi layar yang sama (1080 x 1920 pixel).

Spesifikasi tersebut disiapkan Nokia untuk bersaing dengan iPad Mini dan Nexus 7. Namun sayangnya Illusionist bakal tak sempat menunjukkan tajinya.

Illusionist juga dikabarkan Tech Radar (16/12/2013) telah diimpor ke India pada bulan lalu untuk keperluan uji pasar.

Tadinya tablet Windows RT 8 inci ini menjadi langkah pertama bagi Nokia untuk masuk ke pasar tablet dengan layar yang lebih kecil, setelah pada Oktober lalu Nokia meluncurkan tablet pertama yang menjalankan Windows RT 8.1 dengan harga 499 dollar S (tanpa kontrak).

Nokia belum bersedia memberikan konfirmasi resminya, alih-alih menegaskan dukungan terhadap Lumia 2520. Mungkinkah rencana Nokia tersebut dijegal oleh Microsoft yang juga akan meluncurkan tablet Surface dengan layar lebih kecil?

"Kami sangat senang dengan Lumia 2520, banyak dukungan operator dari seluruh dunia, kami berkomitmen untuk membawanya ke pasar yang lebih luas dalam waktu dekat ini," ujar juru bicara Nokia, Chris Hollis, seperti dikutip dari Techno Buffalo (16/12/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com