Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laris di Ponsel Nokia, Game Lokal Raup Rp 1 Miliar

Kompas.com - 24/12/2013, 10:55 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi atau game untuk ponsel fitur (feature phone) ternyata masih sangat menjanjikan untuk menghasilkan uang, meskipun saat ini banyak pengembang aplikasi yang fokus membuat produk untuk platform ponsel pintar seperti Windows Phone, Android hingga iOS.

Buktinya, Game Sky Burner yang dirancang untuk ponsel fitur Nokia berbasis S40, berhasil mendatangkan uang lebih dari Rp 1 miliar untuk tim pengembang asal Indonesia, Studio Independent. Tim ini meluncurkan Sky Burner di Nokia Store pada Maret 2013.

“Sejak Maret hingga Desember 2013, game Sky Burner menghasilkan lebih dari Rp 1 miliar,” kata salah seorang pendiri Studio Independent, Ikhlas Risandy, saat ditemui KompasTekno, Senin (23/12/2013), di Jakarta.

Ia mengungkapkan, uang tersebut diraih dari pembelian konten digital dalam game Sky Burner. Pemain dapat membeli koin digital, yang dihargai mulai Rp 2.000 hingga Rp 15.000. Koin digital tersebut bisa digunakan untuk membeli pesawat atau senjata. Strategi ini memang dirancang Studio Independent untuk menghasilkan uang dari game yang mereka buat.

Sky Burner sendiri merupakan game tentang perjalanan pesawat tempur yang harus menghancurkan musuh dengan cara menembak. Game yang tergolong kategori action ini, tersedia dalam lima bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan Inggris.

Ikhlas mengatakan, pemain Sky Burner yang banyak membeli konten digital berasal dari Thailand dan Brasil. “Kebanyakan pengguna yang memainkan Sky Burner berasal dari negara berkembang, tapi mereka rela membeli item digital,” terangnya.

Ikhlas dan ketiga rekannya yang membangun Studio Independent, sempat tak menyangka bakal mendapatkan uang sebesar itu. Uang yang dihasilkan dari Sky Burner bakal digunakan Studio Independent untuk menggaji anggota tim, mendirikan Perseroan Terbatas (PT), dan mengembangkan produk baru.

Menurut Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia, aplikasi dan game ponsel fitur masih sangat potensial untuk mendatangkan uang bagi para pengembang. “Banyak pengembang Indonesia yang berhasil meraih uang dalam jumlah besar, asalkan mereka fokus dan mengetahui target pasarnya,” ucap Narenda.

Nokia Indonesia berkomitmen untuk membantu promosi aplikasi dan game Indonesia di ruang global. Dengan menempatkan aplikasi atau game asal di Indonesia di halaman depan Nokia Store, dapat menumbuhkan jumlah unduhan sebuah aplikasi dan ada potensi mendatangkan uang.

Saat ini, Studio Independent sedang mengembangkan Sky Burner 2. Tahun 2014, mereka akan mulai mengembangkan aplikasi atau game untuk ponsel pintar, termasuk Windows Phone, Android dan iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com