Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Pribadi Pendiri Microsoft Dijual Murah

Kompas.com - 29/12/2013, 14:03 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Setelah 9 tahun, Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, akhirnya berhasil menjual pulau pribadi miliknya, Allan. Pulau seluas 118 hektar tersebut berhasil dijual dengan harga 8 juta dollar AS atau sekitar Rp 98,2 miliar.

Harga tersebut sebenarnya cukup murah karena sudah mengalami penurunan cukup signifikan. Pulau ini mulai didaftarkan untuk dijual pada tahun 2005 silam. Harga awal yang diminta oleh Allen adalah sebesar 25 juta dollar AS.

Terakhir kali, Allen memasang label harga sebesar 13,5 juta dollar AS pada tahun 2011, sebelum akhirnya setuju untuk melepas pulau Allan dengan harga 8 juta dollar AS.

Allen diketahui cukup ketat dalam memilih pembeli dari pulau yang terletak di bagian barat laut Washington tersebut. Ia ingin pemilik baru ini untuk tetap menjaga lingkungan alam pulau tersebut.

"Sangat penting bagi pihak penjual (Paul Allen) untuk mengetahui apa yang akan direncanakan oleh pihak pembeli kepada pulau tersebut," kata agensi penjual pulai, Wally Gudgell of Windmere Real Estate, seperti dilansir Reuters, Jumat (27/12/2013).

Pihak pembeli, yang hingga saat ini masih dirahasiakan namanya, dikatakan hanya akan membangun 8 bangunan rumah sebagai tempat peristirahatan di pulau Allan ini.

Allen sendiri membeli pulau Allan ini pada tahun 1992 silam. Nama pulau tersebut, Allan, diambil dari pahlawan angkatan laut Amerika Serikat, bukan pemilik pulau sebelumnya.

Pulau Allan sudah diisi dengan satu kabin kayu, sebuah landasan kecil, dan jalan setapak. Tidak diketahui, apakah pemilik baru tersebut akan menghancurkan kabin kayu tersebut atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com