Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dibicarakan, Google Kalahkan Apple

Kompas.com - 31/12/2013, 10:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Dow Jones

KOMPAS.com — Sepanjang 2013, Apple banyak menarik perhatian lewat rilis produk-produk baru seperti iPhone 5S dan iPad Air. Namun ternyata, perusahaan yang paling banyak "diperbincangkan" tahun ini bukan Apple, melainkan Google.

Hal tersebut diungkapkan oleh infografis bikinan Dow Jones yang dilansir oleh Sydney Morning Herald. Menurut keterangan dari data itu, nama Google disebut sebanyak 123.769 kali oleh media di seluruh dunia pada 2013. Apple menyusul di urutan kedua dengan angka 120.451 kali.

Microsoft yang disebut lebih dari 84.000 kali muncul di urutan ketiga. Setelah itu, barulah terdapat nama sejumlah perusahaan dari industri lain, semacam Citigroup dan Boeing.

Perbincangan mengenai Google di media mencapai puncaknya pada Mei 2013, saat raksasa internet itu menggelar konferensi Google I/O. Sementara itu, Apple paling banyak dibicarakan pada September ketika merilis iPhone 5S dan 5C, serta iOS7.

Adapun Microsoft paling banyak mencuri perhatian pada bulan Juni, waktu Windows 8.1 muncul ke permukaan.

Perlu ditambahkan bahwa data Dow Jones yang diperoleh dari DJX Factiva ini hanya melacak dan membuat arsip dari isi publikasi cetak berbahasa Inggris dari seluruh dunia. Media televisi dan internet tidak masuk dalam hitungan. Data dikumpulkan dari 1 Januari 2013 hingga 1 Desember 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com