Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panasonic Andalkan 4K di CES 2014

Kompas.com - 07/01/2014, 11:19 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Panasonic Corporation mengusung produk dengan teknologi 4K dalam ajang CES 2014, Las Vegas, 7-10 Januari 2014.

Panasonic setidaknya memperkenalkan 10 produk berteknologi 4K dalam pameran elektronik terbesar di dunia tersebut. Dari ke-10 produk tersebut, sebagian besar merupakan produk solusi terpadu untuk korporasi.

"Saat perusahaan lain memfokuskan produk-produk 4K untuk konsumen individu, Kami fokuskan teknologi 4K ini untuk solusi bisnis," kata  Presiden Panasonic System, Rance Poehler, saat jumpa pers yang dihadiri wartawan Kompas.com, Erlangga Djumena, di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin (6/1/2014) waktu setempat.

Salah satunya yang dikedepankan adalah tablet 4K berukuran 20 inci. Poehler mengklaim produk ini merupakan tablet berukuran 20 inci dengan teknologi 4K yang pertama di dunia. Tablet yang diluncurkan September 2013 ini dilengkapi dengan CPU intel Core i7 vPro. Produk ini bisa menangani program 3D CAD serta jenis data lainnya dengan mudah.

Selain itu, Panasonic juga menampilkan 4K Broadcasting. Produk yang diluncurkan Desember 2013 ini, bisa merekam gambar berteknologi 4K untuk keperluan komersial, seperti stasiun televisi maupun film.

Sesuai standar yang dibuat Consumer Electronics Association, produk layar 4K harus memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixel. Selain 4K, kategori ini disebut juga sebagai Ultra High Definition.

Solusi bisnis lainnya yang dihadirkan Panasonic adalah 4K ultra Wide, sebuah aplikasi yang mampu menghubungkan 4 buah gambar resolusi 4K tanpa menggunakan koneksi jaringan, untuk menghasilkan video resolusi 12K x 2K melalui tiga monitor 4K.

Sementara untuk produk untuk konsumen individu, Panasonic menampilkan produk televisi 4K Life+ Screen seri AX800.  Presiden Panasonic Consumer Electronic Company, Julie Bauer, mengklaim televisi ini tidak hanya mempunyai gambar berkualitas tinggi, tapi juga mengenali dan mengetahui keinginan pengguna. "Bayangkan televisi yang bisa mengenali wajah anda dan otomatis menampilkan acara yang biasa Anda tonton," katanya.

Selain itu AX800  ini juga bisa merespon pengguna saat masuk ke ruangan dengan menampilkan informasi bagi penggunanya.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA 4K Wearable Cameras produksi Panasonic
Masih untuk konsumen individu, Panasonic juga memperkenalkan 4K Wearable Camera. Kamera digital ini bisa digunakan untuk merekam aktivitas pengguna tanpa harus direpotkan dengan memegang kamera. Sehingga kedua tangan pengguna bisa bebas melakukan aktivitas lain.

Nah mana saja yang akan masuk Indonesia? Corporate Communication Manager Panasonic Gobel Indonesia Muara Makarim, mengatakan, kamera digital berteknologi 4K bisa masuk ke Indonesia. "Biasanya akhir tahun," katanya.

Sementara untuk produk lainnya, terutama solusi bisnis tidak masuk ke Indonesia. "Biasanya itu langsung distributor," tambah Muara.

Sebagai informasi CES 2014 ini akan dibuka untuk umum mulai Selasa (7/1/2014), waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com