Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Kembali ke "Keyboard" Fisik

Kompas.com - 09/01/2014, 15:55 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com — BlackBerry sejak tahun 2013 lalu berusaha meraih pengguna lebih banyak dengan membuat ponsel desain layar sentuh penuh. Di bawah CEO baru, John Chen, strategi itu tampaknya akan disingkirkan dan kembali fokus pada desain papan ketik QWERTY fisik (keyboard).

"Saya pribadi suka keyboard," kata Chen dalam wawancara dengan Bloomberg di sela pameran Consumer Electronics Show 2014 di Las Vegas, AS.

Ia mengatakan, ponsel BlackBerry pada masa depan akan "didominasi" oleh desain keyboard fisik, bukan layar sentuh. Ia memprediksi para pengguna akan lebih suka keyboard fisik untuk aktivitas mengetik.

BlackBerry menganggap desain keyboard-nya amat berarti. Sampai-sampai, mereka menggugat perusahaan Typo Keyboard yang membuat aksesori bernama Typo Keyboard. Aksesori itu adalah pelindung ponsel yang dibekali keyboard fisik untuk Apple iPhone. Bentuk dan susunan keyboard itu sekilas memang mirip dengan keyboard BlackBerry.

Chen sedang mencoba membangun kembali perusahaan yang sedang mengalami penurunan kinerja. BlackBerry akan memfokuskan dirinya ke segmen pasar korporasi dan pemerintah, yang sedari awal menjadi segmen utama BlackBerry.

Untuk menumbuhkan bisnis perangkat, Chen menunjuk Ron Louks sebagai pemimpin bisnis perangkat. Louks adalah mantan eksekutif HTC dan Sony Ericsson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com