Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Ala Kinect Bakal Sambangi Laptop

Kompas.com - 11/01/2014, 19:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Intel berupaya meningkatkan pengalaman pengguna kamera laptop dengan mengintegrasikan kamera 3D. Kamera ini bekerja mirip dengan kamera Kinect yang terdapat dalam konsol game Microsoft Xbox.

Untuk mewujudkannya, Intel telah menjalion kerja sama dengan beberapa pabrikan laptop. Teknologi ini diberi nama Intel RealSense 3D camera. Selain Laptop, Intel juga berencana menambahkannya untuk PC All-in-one dan two-in-one.

Dikutip dari The Verge (6/1/2014), beberapa vendor laptop yang telah meneken kerja sama dengan Intel antara lain Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, dan NEC.

Tentunya selain dari sisi hardware Microsoft juga menyiapkan software yang bisa dipakai dengan kamera 3D tersebut. Microsoft mengatakan bahwa nantinya teknologi kamera RealSense 3D bisa digunakan untuk software seperti Autodesk, DreamWorks, Metaio, dan sebagainya.

Selain itu, layanan video conferencing Microsoft seperti Skype dan Lync juga bisa memanfaatkan kamera ini. Menurut Microsoft, saat digunakan dengan layanan tersebut, maka latar belakang pengguna bisa dihapus atau dihilangkan dari layar saat melakukan telekonferensi.

Dalam keterangan resminya, Intel menyebut bahwa modul kamera tersebut mengombinasikan sensor kedalaman bidang yang terbaik di kelasnya, kamera warna 1080p, dan memiliki kemampuan mendeteksi gerakan masing-masing jari pengguna serta fitur pengenal wajah.

Selain membuat kamera 3D, kerjasama Microsoft dengan 3D Systems juga dikabarkan akan membuahkan kamera untuk memindai dan mencetak dalam format 3D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com