Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar, Pertemuan "Bitcoin" Pertama di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2014, 08:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hari Sabtu, 18 Januari 2014, sebuah pertemuan komunitas Bitcoin digelar di kampus JWC Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Acara gathering yang diprakarsai oleh Indonesain Bitcoin Community (IBC) itu disebut merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

IBC berharap acara tersebut bisa berperan sebagai sarana sosialisasi Bitcoin kepada publik. Bitcoin, mata uang cryptocurrency yang hangat dibicarakan di seluruh dunia memang masih belum banyak dikenal di Indonesia.

"Dengan mempertemukan kalangan miner dan trader Bitcoin, serta pelaku bisnis di acara ini, kami berharap dapat memudahkan pertukaran informasi di kalangan pihak-pihak yang terlibat di ekosistem Bitcoin," ujar Jeffry Kurniadi dari IBC, ketika ditemui usai acara.

Acara gathering IBC turut menghadirkan sejumlah pembicara, termasuk CEO The Jakarta Post Budi Putra, CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan, dan penambang Bitcoin terbesar di Indonesia, Tiyo Triyanto.

Menurut Jeffry, pihaknya melihat perlunya mengkonsolidasikan komunitas Bitcoin di seluruh Indonesia untuk mendorong pemerintah agar mendukung penggunaan Bitcoin sebagai alat transaksi, di samping memperluas pengetahuan masyarakat mengenai mata uang virtual tersebut.

Berangkat dari hal itu, IBC kemudian menggagas diadakannya pertemuan pertama untuk komunitas Bitcoin di Indonesia. Untuk acara perdana ini, IBC baru menghadirkan komunitas yang ada di Jakarta.

Ke depan, IBC berencana mengadakan pertemuan serupa secara rutin tiap bulan, dengan melibatkan komunitas Bitcoin dari daerah lain di Indonesia.  "Kami ingin mengadakan di universitas-universitas, karena edukasi dan sosialisasi tentang Bitcoin ini masih kurang," tutup Jeffry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com