Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Lebar akan "Kuasai" Pasar Gadget

Kompas.com - 22/01/2014, 04:21 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Telepon pintar berlayar besar diperkirakan akan terus melonjak. Perkiraan tersebut berlandaskan tren makin banyak orang menyukai games atau menonton video di layar berukuran mendekati tablet, saat mereka dalam perjalanan.

Sebagai rujukan tren adalah popularitas telepon pintar berlayar lebar di kalangan penggemar game telepon seluler di Korea Selatan dan China, dua negara dengan angka "melek online" yang sangat tinggi.

Tren tersebut diungkapkan lembaga riset berbasis di Inggris, Juniper Research. Lembaga ini mendefinisikan telepon pintar berlayar pintar itu sebagai "phablet", kependekan dari gabungan kata "phone" dan "tablet", dengan ukuran diagonal layar sekitar 5,6 inci (14,2 sentimeter).

Juniper memperkirakan angka penjualan smartphone mencapai 120 juta unit pada 2018. Dalam pernyataan yang dirilis Selasa (21/1/2014), Juniper mengatakan angka penjualan telepon pintar dalam kelompok layar lebar ini tercatat 20 juta unit sepanjang 2013.

Pasar phablet dalam definisi Juniper itu akan didominiasi perangkat dengan sistem operasi Windows besutan Microsoft dan Android dari Google, dengan iPhone mewakili Apple. "Dinamika ini bisa berubah secara dramatis jika rumor phablet Apple, yang memenuhi definisi layar 5,6 inci menurut Juniper, terealisasi," kata laporan lembaga itu. 

Saat ini Apple memang tengah berjuang menembus pasar telepon pintar yang kompetitif di China. Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook, bahkan terbang langsung ke China, Jumat (17/1/2014), untuk peluncuran kerja sama Apple dengan perusahaan operator seluler terbesar China, China Mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com