Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis "Server" IBM Diincar Lenovo dan Dell

Kompas.com - 22/01/2014, 09:45 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Perusahaan teknologi International Business Machines (IBM) dilaporkan berencana menjual unit bisnis server untuk segmen pasar low-end. Ternyata, ada dua perusahaan yang berminat membeli unit bisnis tersebut, yakni Lenovo dan Dell.

Reuters mengutip seorang sumber terpercaya, bahwa Lenovo sedang dalam diskusi dengan IBM untuk membeli unit bisnis ini tahun lalu, tetapi hingga kini belum mencapai kesepakatan terkait harga.

Penawar potensial lainnya adalah Dell. Namun, The Wall Street Journal melaporkan, tidak jelas seberapa serius Dell dalam membeli unit bisnis server low-end IBM.

Seorang juru bicara IBM enggan mengomentari laporan tersebut.

Bisnis server untuk segmen low-end dari IBM menggunakan prosesor berarsitektur x86, yang digunakan untuk pusat data perusahaan. Lenovo mematok nilai unit bisnis ini di bawah 2,5 miliar dollar AS.

Meskipun keuntungan dari bisnis ini terbilang rendah, namun pertumbuhan bisnisnya cukup menjanjikan. Hal ini akan membantu Dell yang sedang berusaha meningkatkan penjualan.

Dell memilih kembali menjadi perusahaan privat pada Oktober 2013. Setelah 25 tahun terdaftar di bursa saham, perusahaan yang didirikan oleh Michael Dell ini akhirnya angkat kaki dari bursa, yang ditandai dengan pembelian kembali saham publik sekitar 25 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com