Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Lagi Smartphone Nexus dari Google

Kompas.com - 28/01/2014, 14:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

LG Nexus 5.

KOMPAS.com - Seri perangkat Nexus dari Google dikenal sebagai perangkat bikinan para produsen gadget rekanan Google yang datang dengan sistem operasi Android versi "polos".

Di samping harga relatif terjangkau, smartphone dan tablet Nexus dikenal rajin mendapat update software terbaru dari Google.

Akan tetapi, salah satu kabar terbaru yang dilansir oleh Pocket Lint menyebutkan bahwa produksi perangkat seri Nexus yang banyak digemari pengguna Android ini akan dihentikan oleh Google pada 2015 mendatang.

Eldar Murtazin, blogger asal Rusia yang menjadi sumber informasi tersebut, mengatakan bahwa peranan seri Nexus akan digantikan sepenuhnya oleh perangkat "Google Play Edition" yang juga diproduksi oleh rekanan-rekanan Google.

Murtazin juga menyebutkan bahwa Google akan merilis dua atau tiga perangkat Nexus baru pada tahun ini sebelum menghentikan lini produk itu tahun depan.

Baik perangkat Nexus maupun Google Play Edition sama-sama mengusung OS Android versi "polos" yang tidak disesaki macam-macam bloatware atau skin UI.

Bedanya, perangkat Google Play Edition dijual di bawah brand masing-masing, yang juga bertanggung jawab menyalurkan update OS untuk tiap gadget tersebut.

Para produsen yang telah mengeluarkan seri perangkat Google Play Edition antara lain Samsung, HTC, dan Motorola yang dimiliki oleh Google sendiri.

Terdapat beberapa kemungkinan menyangkut penyebab hal ini, apabila benar-benar terjadi. Google boleh jadi merasa bahwa brand Nexus dipandang sudah tidak diperlukan karena terlalu mirip dengan gadget Google Play Edition.

Ada pula yang menyebutkan bahwa para partner Google yang membuat gadget Google Play Edition tak mau bersaing dengan seri Nexus yang selalu dijual dengan harga relatif rendah.

Di sisi lain, sulit dibayangkan bahwa Google akan meninggalkan brand Nexus yang sudah dikembangkan selama lima tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com