Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS Turun, Windows Phone Naik

Kompas.com - 29/01/2014, 14:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TNW
Tampilan Windows Phone 8

KOMPAS.com - Firma riset pasar Kantar World Panel mempublikasikan hasil penelitian pangsa pasar platform smartphone untuk kuartal-IV 2013 di sejumlah wilayah pasar di seluruh dunia.

Menurut laporan yang dilansir oleh The Next Web ini, platform Android besutan Google menguasai lebih dari 50 persen penjualan di pasar-pasar seperti Amerika Serikat, Eropa, Amerika Latin, Australia, dan China selama periode yang berlangsung antara Oktober-Desember 2013.

iOS dan BlackBerry menunjukkan pertumbuhan antar-kuartal bernilai minus di hampir seluruh wilayah pasar yang tercakup dalam penelitan.

BlackBerry hanya mencatat pertumbuhan di China, dengan nilai pangsa pasar kecil dari 0 persen pada kuartal IV 2012 menjadi 0,1 persen pada kuartal IV 2013. Di pasar dan periode yang sama, Android mengalami kenaikan pangsa pasar dari 73,7 persen menjadi 78,6 persen.

Sebaliknya, platform Windows Phone merambat naik di sebagian besar wilayah pasar. Hal ini terutama terlihat di Eropa, di mana OS besutan Microsoft tersebut berhasil menguasai pangsa pasar dua digit selama tiga bulan berturut-turut.

Meski naik secara year-on-year, pertumbuhan per kuartal Windows Phone di Eropa terlihat melandai.

"Sayangnya buat Nokia, pasar smartphone Eropa hanya tumbuh 3 persen secara year-on-year sehingga keberhasilan di pasar ini belum cukup untuk membalik peruntungan mereka," tulis Dominic Sunnebo dari Kantar.

Kantar World Panel Comtech Hasil riset pangsa pasar smartphone Kantar World Panel Comtech untuk kuartal-IV 2013

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com