Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Permintaan CEO Baru Microsoft ke Bill Gates

Kompas.com - 05/02/2014, 11:26 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Setelah Microsoft mendapatkan CEO baru, sang pendiri Bill Gates menyatakan mundur dari jabatan Chairman yang diemban sejak 2008 saat ia meninggalkan posisi CEO Microsoft. Selanjutnya, Gates akan menjadi penasihat teknologi untuk perusahaan perangkat lunak itu.

Dengan ini, Gates "akan mencurahkan banyak waktu untuk perusahaan." Meskipun, sebelumnya ia telah berkomitmen untuk meluangkan lebih banyak waktu pada proyek filantropi dalam Yayasan Bill and Melinda Gates.

"Saya senang bahwa Satya telah meminta saya lebih bertindak, secara substansial meningkatkan waktu yang saya habiskan di perusahaan," kata Gates dalam sebuah video menyambut pengangkatan Nadella sebagai CEO.

"Saya akan memiliki lebih dari sepertiga waktu saya untuk bertemu dengan tim produk , dan itu akan menyenangkan untuk menentukan langkah berikutnya dari produk yang akan dibuat Microsoft."

Nadella disebut memang meminta bantuan Gates sambil melangkah ke peran barunya sebagai CEO.

Gates berpendapat Nadella adalah sosok yang tepat untuk memimpin Microsoft, karena terbukti memiliki keahlian teknik tinggi, visi bisnis, dan kemampuan menyatukan orang-orang sehingga diharapkan kolaborasi di antara karyawan makin kuat.

"Nadella memiliki banyak pengalaman di bidang komputasi awan dan kesempatan Microsoft akan jauh lebih besar dari sebelumnya," puji Gates.

Microsoft saat ini sedang berencana ekspansi ke pasar perangkat mobile dengan membuat produk smartphone dan tablet Windows 8. Salah satu strateginya adalah dengan mengakuisisi unit bisnis perangkat Nokia.

"Visinya tentang bagaimana teknologi akan digunakan di seluruh dunia adalah yang dibutuhkan Microsoft saat perusahaan memasuki babak baru dengan inovasi produk tambahan," imbuh Gates.

Nadella merupakan CEO ketiga dalam sejarah 39 tahun perusahaan Microsoft, setelah Bill Gates dan Steve Ballmer. Sebelumnya, Nadella menjabat sebagai executive vice president clound and enterprise Microsoft.

Nadella lahir di Hyderabad, India, pada 1967. Ia telah bekerja untuk Microsoft selama 22 tahun, sejak 1992. Namanya dikreditkan sebagai salah seorang yang turut mengembangkan berbagai layanan Microsoft, termasuk Azure.

CEO Microsoft yang sebelumnya, Steve Ballmer, juga melontarkan pujian kepada Nadella. "Setelah bekerja bersama selama 20 tahun, saya yakin Satya adalah pemimpin yang tepat untuk Microsoft di saat ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com