Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menerka Spesifikasi Galaxy S5 dan iPhone 6

Kompas.com - 06/02/2014, 09:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Gambar konsep perangkat iPhone dengan layar 4,94 inci

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S5 dan iPhone 6 boleh dibilang merupakan dua smartphone yang paling ditunggu tahun ini. Keduanya merupakan andalan dari produsen masing-masing yang akan dibekali dengan rangkaian terknologi terkini.

Jika dibandingkan, mana di antara kedua perangkat ini yang paling canggih dari sisi hardware? Baik spesifikasi Galaxy S5 maupun iPhone 6 memang belum dapat dipastikan, namun berbagai bocoran mengenai keduanya sudah banyak beredar.

Salah satu informasi terbaru datang dari KDB Daewoo Securities asal Korea, yang memberi bocoran soal daftar "jeroan" iPhone 6 dan Galaxy S5 dalam sebuah nota investor, seperti bisa dilihat dalam tabel di bawah.

Lembaga keuangan ini sebelumnya dikenal pernah memberi bocoran akurat tentang kedatangan iPad  Mini.

Dalam laporan yang dilansir oleh BGR tersebut, KDB Daewoo mengklaim bahwa Galaxy S5 bakal mengusung hardware yang lebih baik daripada iPhone 6, setidaknya di atas kertas.

KDB Daewoo Securities Bocoran spesifikasi iPhone 6 dan Galaxy S5 dari KDB Daewoo Securities

Sumber-sumber dari mata rantai distribusi yang dikutip oleh KDB Daewoo menjelaskan bahwa Galaxy S5 akan diperkuat prosesor quad-core Snapdragon berkecepatan 2,5 GHz atau prosesor octa core (8 inti) Exynos 64-bit dengan frekuensi 2 GHz.

Spesifikasi lain seperti kapasitas RAM, ukuran dan resolusi layar, kamera, hingga baterai Galaxy S5 terlihat lebih superior dibandingkan iPhone 6. Disebutkan pula bahwa Galaxy S5 bakal menjadi flagship pertama Samsung yang dibalut cangkang berbahan logam.

Di samping itu, laporan tersebut juga mengklaim bahwa Apple akan merilis dua jenis perangkat iPhone dengan ukuran layar yang berbeda pada kuartal II atau III tahun 2014. Perangkat pertama akan mengusung layar 4,7 inci sementara perangkat kedua dilengkapi display 5,5 inci.

Perlu dicatat bahwa, kalaupun benar, spesifikasi hardware tidak serta merta mencerminkan kinerja yang sebenarnya dari sebuah gadget. iPhone 5S, misalnya, bisa menawarkan performa yang lebih kencang dibandingkan beberapa handset Android high-end yang di atas kertas memiliki keunggulan teknis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com