Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Pembuat "Flappy Bird" Raup Rp 600 Juta Sehari

Kompas.com - 06/02/2014, 11:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Jika Anda adalah salah satu yang kecanduan dengan game "Flappy Bird" dan memainkannya terus-menerus karena penasaran ingin mencapai level lebih tinggi, mungkin Anda menjadi salah satu penyumbang keuntungan game ini.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Rabu (5/2/2014), developer Don Nguyen mengatakan bahwa game yang kini menjadi aplikasi terlaris di App Store dan Google Play Store tersebut memiliki pendapatan 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) per hari.

Pendapatan tersebut berasal dari iklan yang ditampilkan di layar saat game Flappy Bird dimainkan.

Flappy Bird adalah game gratis yang hanya mengandalkan metode in-app ads, bukan in-app purchase yang mengharuskan pengguna membeli untuk mengakses fitur tertentu. Iklan yang ditampilkan pun tidak mengganggu atau mengurangi pengalaman bermain.

Nguyen pun tidak berencana untuk mengubahnya. "Flappy Bird sudah sampai pada tahap di mana jika sesuatu ditambahkan ke dalamnya, maka segalanya akan berbeda," terang Nguyen.

"Jadi, saya akan tetap membiarkannya seperti apa adanya saat ini," imbuh pria yang mengerjakan pemrograman Flappy Bird sepulang kantor ini.

Walau belum bisa bersanding dengan Candy Crush Saga yang mengumpulkan 850.000 dollar AS per harinya, sebagai game nonfreemium yang baru diunggah pada Mei 2013 dan update terakhir pada September, prestasi Flappy Bird tetap mengesankan karena bisa bertahan di jajaran atas game selama berbulan-bulan.

Dengan siklus game yang cepat, yakni pengguna harus sering mengulanginya lagi dari awal, pundi-pundi pendapatan Flappy Bird pun kian bertambah.

Aplikasi Flappy Bird hingga kini telah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali dan mendapat ulasan (review) dari 47.000 pengguna lebih, menandingi aplikasi Gmail.

"Flappy Bird menjadi populer karena berbeda dari game mobile lain yang ada saat ini, dan game ini juga menjadi ajang kompetisi dengan pengguna lain," terang Nguyen.

Nguyen pun kini mengaku sedang mengerjakan sekuel dari game Flappy Bird. Namun, kapan akan dirilisnya masih belum pasti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com