Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jomblo.com Punya Ramuan "Cari Jodoh"

Kompas.com - 07/02/2014, 10:14 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia kembali kedatangan situs web jejaring sosial baru, bernama Jomblo.com. Situs ini tidak hanya diperuntukkan kepada kaum jomblo atau tidak memiliki pasangan, tetapi bisa digunakan oleh siapa pun.

Sejatinya, Jomblo.com merupakan jejaring sosial untuk mencari teman yang memiliki minat yang sama atas aktivitas dan komunitas. Sementara "cari jodoh" merupakan salah satu fitur yang secara tidak langsung disediakan di Jomblo.com.

Pendiri Jomblo.com, Darrick Rochili, menjelaskan, jejaring sosial ini akan merekomendasikan antar-pengguna yang memiliki aktivitas, hobi, atau minat yang sama. Dari minat yang sama ini, Jomblo.com diharapkan dapat mendorong terbentuknya komunitas.

"Jadi, Jomblo.com bukan hanya untuk para jomblo dan galau-galauan. Kami punya fitur profile matching yang sangat menarik, yang bisa mempertemukan pengguna dengan pengguna lain atas minat yang sama," kata Darrick dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (6/1/2014).

Saat mendaftarkan akun di Jomblo.com, pengguna harus mengisi data diri yang salah satunya mempertanyakan usia, hobi, minat, jenis kelamin, hingga komunitas yang disukai. Dari sinilah Jomblo.com melakukan penyesuaian profil pengguna.

Pengguna dapat saling menambahkan teman di Jomblo.com, berbagi foto, dan konten lainnya. Di sini, pengguna juga dimungkinkan melakukan tag pada foto. Jomblo.com juga terintegrasi dengan media sosial Twitter dan Facebook.

Nama Jomblo.com memang sengaja dipilih dan perusahaan jejaring sosial ini rela mengakuisisi domain jomblo.com dengan harga mahal pada 2012 lalu. Namun, Darrick enggan menyebut nilai akuisisi domain tersebut.

Jejaring sosial ini mulai dikembangkan pada April 2013, dan diluncurkan ke publik pada September 2013. Saat ini, Jomblo.com memiliki 9.000 pengguna terdaftar, dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 5.000 pengguna, yang mayoritas berasal dari wilayah Jabodetabek.

Pada tahun 2014, Jomblo.com menargetkan dapat meraih 200.000 sampai 300.000 pengguna. Untuk meraih lebih banyak pengguna, mereka akan menyediakan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS.

Sementara strategi untuk menghasilkan uang dari layanan, Jomblo.com akan menyediakan lapak iklan. Selain itu, mereka juga berencana membuat layanan berbayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com